Dianggap Sepele, Stres dan Hipertensi Picu Nyeri Wajah Sebelah

hipertensi
hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Nyeri pada hanya satu sisi wajah atau dikenal dengan trigeminal neuralgia rupanya dapat dialami oleh beberapa orang dengan berbagai faktor, termasuk stres dan hipertensi. Terlebih, rasa nyeri yang melanda bahkan terasa begitu menyakitkan hingga menghambat aktivitas.

Dijelaskan Spesialis bedah saraf, dr Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS, nyeri wajah ini bisa terjadi pada sisi kanan atau kiri lantaran ada pembuluh darah yang menempel di saraf trigeminal. Akibatnya, timbul rasa kaku hingga mencederai saraf dan rasa nyeri.

"Trigeminal neuralgia merupakan salah satu kondisi paling nyeri yang mungkin dialami umat manusia. Ada keluhan pasien, nol sampai 10 berapa sakitnya? Ada yang bilang level 16. Seperti lebay, tapi memang begitu menderitanya," ujarnya dalam acara virtual International Trigeminal Neuralgia Awareness Day bersama Klinik Nyeri DR. Indrajana, baru-baru ini.

Rasa nyeri hebat di wajah.

Rasa nyeri hebat di wajah.

Photo :
  • U-Report

Ini berbeda dengan kondisi stroke, di mana triheminal neuralgia mengalami rasa sakit pada satu sisi di area wajahnya. Kasusnya pun dialami oleh beragam usia mulai dari 18 hingga 30 tahun dan lansia. Rasa nyeri biasanya timbul pada saat menjalani aktivitas, walau ringan, seperti sekedar bicara, terpapar udara dingin, hingga memakai jilbab.

"Pakai kerudung, kain nempel aja, terasa sakit di wajah," imbuhnya.

Pemicunya masih belum diketahui pasti namun beberapa faktor risiko diduga kuat saling berkaitan. Seperti riwayat autoimun, kelainan pasca stroke, hingga stres yang dialami.