3 Tanda Ini Menunjukan Tingkat Tekanan Darah Sedang Tinggi

hipertensi
hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyebab utama banyak penyakit kardiovaskular. Ini terjadi ketika kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 63 persen dari total kematian di India disebabkan oleh penyakit tidak menular, di mana 27 persen di antaranya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Konon, hipertensi adalah faktor risiko penyakit jantung yang paling umum, demikian dikutip dari Times of India.

Tekanan darah di bawah 120/80 mm Hg dianggap normal. Apa pun yang lebih dapat menunjukkan tekanan darah tinggi dan tergantung pada seberapa tinggi kadar BP Anda, dokter mungkin menyarankan pengobatan.

Tekanan darah tinggi adalah pembunuh diam-diam

Apa yang mengkhawatirkan tentang tekanan darah tinggi adalah bahwa hal itu mungkin datang tanpa tanda atau gejala. Hal ini sering disebut sebagai silent killer dalam arti bahwa tidak ada indikator spesifik dari penyakit ini.

Menurut American Heart Association, "Tekanan darah tinggi (HBP, atau hipertensi) tidak memiliki gejala yang jelas untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah." Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menyadari risikonya dan membuat perubahan yang penting," tambah mereka.

Sementara tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan, dengan bantuan perubahan gaya hidup dan obat-obatan tertentu, dapat dikelola secara efisien.