3 Tanda Ini Menunjukan Tingkat Tekanan Darah Sedang Tinggi

hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyebab utama banyak penyakit kardiovaskular. Ini terjadi ketika kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. 

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 63 persen dari total kematian di India disebabkan oleh penyakit tidak menular, di mana 27 persen di antaranya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Konon, hipertensi adalah faktor risiko penyakit jantung yang paling umum, demikian dikutip dari Times of India.

Tekanan darah di bawah 120/80 mm Hg dianggap normal. Apa pun yang lebih dapat menunjukkan tekanan darah tinggi dan tergantung pada seberapa tinggi kadar BP Anda, dokter mungkin menyarankan pengobatan.

Apple Watch 10 Dibekali Fitur Pengukur Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah pembunuh diam-diam

Apa yang mengkhawatirkan tentang tekanan darah tinggi adalah bahwa hal itu mungkin datang tanpa tanda atau gejala. Hal ini sering disebut sebagai silent killer dalam arti bahwa tidak ada indikator spesifik dari penyakit ini.

Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Menurut American Heart Association, "Tekanan darah tinggi (HBP, atau hipertensi) tidak memiliki gejala yang jelas untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah." Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menyadari risikonya dan membuat perubahan yang penting," tambah mereka.

Sementara tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan, dengan bantuan perubahan gaya hidup dan obat-obatan tertentu, dapat dikelola secara efisien.

Tidak ada tanda-tanda khusus yang mengatakan tentang tekanan darah tinggi. Namun, begitu Anda mendapatkannya, jantung akan berada pada risiko besar. 

Meskipun tanpa diagnosis yang tepat, HBP hampir tidak dapat dideteksi, ada tanda-tanda peringatan tertentu yang mungkin muncul, ketika Anda sudah berada pada stadium yang parah.

1.Sakit kepala dan mimisan

Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Biasanya, tekanan darah tinggi tidak menunjukkan tanda apapun. Namun, dalam kebanyakan kasus ekstrem, seseorang mungkin mengalami sakit kepala bersama dengan mimisan, terutama ketika tekanan darah 180/120 mm Hg atau lebih tinggi, menurut American Heart Association. Jika Anda terus mengalami sakit kepala dan hidung berdarah, segera hubungi bantuan medis.

2.Sesak napas

Ketika seseorang menderita hipertensi pulmonal yang intens, yaitu tekanan darah tinggi di pembuluh darah yang memasok paru-paru, ia mungkin mengalami sesak napas, terutama saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, mengangkat, menaiki tangga dan banyak lagi. 

3.Kecemasan

Ilustrasi cemas dan khawatir (Imago Images/M. Eichhammer).

Photo :
  • dw

Dalam krisis hipertensi, selain sesak napas, Anda mungkin mengalami kecemasan yang parah, sakit kepala, mimisan dan mungkin kehilangan kesadaran, jika tidak ditangani tepat waktu.

Cara menurunkan tekanan darah

Menurut American Heart Association (AHA), aktivitas fisik adalah kunci untuk menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali. Melakukan hal itu mempertahankan berat badan yang sehat dan juga mengurangi tingkat tekanan darah Anda, yang selanjutnya menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular lainnya.

Selain itu, mengikuti diet yang tepat sangat penting. Batasi asupan gula dan karbohidrat Anda dan perhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Katakan tidak pada konsumsi natrium berlebih dan kurangi makanan olahan. Kelola tingkat stres Anda dengan yoga dan meditasi dan pastikan cukup tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya