Dampak Jika Pria Tidak Dikhitan

Ilustrasi khitan/sunat.
Ilustrasi khitan/sunat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Khitan atau sunat memiliki manfaat bila ditinjau dari sisi kesehatan. Dengan khitan, hal ini bisa mencegah terjadinya infeksi kulit penis dan meminimalisir terjadinya kanker.

Jurnal Kedokteran Inggris (British Medicine Journal) telah memuat satu artikel tentang kanker penis dan penyebab-penyebabnya pada 1987.

Dalam artikel itu disebutkan, kanker penis jarang terjadi pada orang-orang Yahudi di negara-negara Islam. Sebab, khitan sudah diberlakukan sejak mereka kecil.

Riset medis juga membuktikan bahwa kasus kanker penis pada orang Yahudi tidak ditemukan kecuali hanya pada 9 pasien di seluruh dunia. Di antara faktor penyebab terjadinya kanker penis adalah adanya infeksi kepala penis.

Khitan memungkinkan dipotongnya kulit yang menutupi kulup, sehingga orang yang disunat tidak akan mengalami penyempitan kulup.

Nampaknya, penyempitan kulup timbul akibat tertahannya pembusukan sekresi-sekresi yang berkumpul di antara batang penis dan kulit kulup orang-orang yang tidak disunat, sehingga dapat menyebabkan kanker.

Untuk itu, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (Wom Finance) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam program khitanan massal yang dilaksanakan di wilayah Kota Tangerang dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 100 peserta.