Segelas Jamu Salemanis Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

wedang sereh
wedang sereh
Sumber :

VIVA – Kolesterol menjadi salah satu momok menakutkan lantaran dapat memicu berbagai penyakit fatal, antara lain stroke dan jantung. Rupanya untuk mengendalikan kolesterol jahat ini bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi resep serai. Seperti apa resep jamu salemanis ini?

Pakar herbal dr. Dian Elco Nora MSi (Herb) menyebut, serai mengandung antibakteri, antifungi, antioksidan serta tanin. Bahan-bahan berkhasiat tersebut mampu menjaga tubuh tetap sehat termasuk membantu menstabilkan kolesterol.

"Jika dikonsumsi secara optimal dapat bantu jaga kesehatan tubuh salah satunya kolesterol. Selama tidak melebihi dosis, nggak apa-apa setiap hari dikonsumsi karena bahan-bahan dapur memiliki uji toksisitas sangat aman," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu.

Tak sendirian, serai baiknya dikonsumsi beriringan dengan bahan dapur lain seperti kayu manis. Ternyata, kandungan di kayu manis sendiri memiliki antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

Perlu diingat, minuman ini bukan pengganti obat. Apabila penyandang kolesterol mengonsumsi obat dokter, maka dijeda 2-3 jam dari konsumsi resep serai ini.

"Sebaiknya jarak 2-3 jam dari obat dokter. Boleh setelah makan. Kalau tidak pakai lemon, bisa dikonsumsi sebelum makan karena serai juga berfungsi untuk tukak lambung. Campurkan madu sesaat sebelum mengonsumsi," imbuhnya.

Ramuan daun serai.
Photo :
  • U-Report

Ramuan daun serai.