Segelas Jamu Salemanis Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

wedang sereh
Sumber :

VIVA – Kolesterol menjadi salah satu momok menakutkan lantaran dapat memicu berbagai penyakit fatal, antara lain stroke dan jantung. Rupanya untuk mengendalikan kolesterol jahat ini bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi resep serai. Seperti apa resep jamu salemanis ini?

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Pakar herbal dr. Dian Elco Nora MSi (Herb) menyebut, serai mengandung antibakteri, antifungi, antioksidan serta tanin. Bahan-bahan berkhasiat tersebut mampu menjaga tubuh tetap sehat termasuk membantu menstabilkan kolesterol.

"Jika dikonsumsi secara optimal dapat bantu jaga kesehatan tubuh salah satunya kolesterol. Selama tidak melebihi dosis, nggak apa-apa setiap hari dikonsumsi karena bahan-bahan dapur memiliki uji toksisitas sangat aman," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Tak sendirian, serai baiknya dikonsumsi beriringan dengan bahan dapur lain seperti kayu manis. Ternyata, kandungan di kayu manis sendiri memiliki antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

Perlu diingat, minuman ini bukan pengganti obat. Apabila penyandang kolesterol mengonsumsi obat dokter, maka dijeda 2-3 jam dari konsumsi resep serai ini.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Sebaiknya jarak 2-3 jam dari obat dokter. Boleh setelah makan. Kalau tidak pakai lemon, bisa dikonsumsi sebelum makan karena serai juga berfungsi untuk tukak lambung. Campurkan madu sesaat sebelum mengonsumsi," imbuhnya.

Ramuan daun serai.

Photo :
  • U-Report

Nah, bagaimana resep jamu salemanis untuk mengatasi kolesterol ini? Berikut resepnya.

Bahan:
4 batang Sereh 
1 buah lemon
2 jari kayu manis
Madu secukupnya

Air sereh wangi dan lemon.

Photo :
  • U-Report

Cara membuat:

Iris atau geprek serai, masukan ke dalam air. Tambah dengan kayu manis. Diamkan hingga mendidih.

Disarankan menutup panci selama mendidihkan air agar minyak atsiri tak keluar.

Kecilkan api dan matikan. Lalu tambahkam perasan air lemon. Tak dianjurkan menambah lemon saat masih merebus air karena dapat merusak antioksidan di dalamnya.

Saring dan sajikan segelas jamu salemanis dengan tambahan madu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya