Awas! Jika Dikonsumsi Bersama, Makanan Ini Bikin Gula Darah Cepat Naik

Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia, ketika mengonsumsi mi instan terutama yang goreng, mereka akan menambahkan nasi agar lebih kenyang. Padahal, kebiasaan tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Spesialis gizi klinis, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS SpGK (K), mengatakan, mengonsumsi mi yang ditambah dengan nasi, sama saja dengan mengonsumsi dobel karbohidrat. 

"Padahal kita ada komposisinya. Jadi ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, ada lagi yang mengandung serat, yaitu sayur dan buah," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat yang diunggah ulang di Youtube VDVC Talk, dikutip VIVA, Senin 18 Oktober 2021. 

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Bukan hanya dobel karbohidrat, dokter Samuel mengungkapkan, mengonsumsi mi bersama dengan nasi, membawa dampak buruk lain, yaitu dapat menaikkan kadar gula darah

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory
5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

"Kita tahu kalau kelebihan karbohidrat, akan menaikkan kadar gula darah. Ditambah lagi nasinya nasi putih, ditambah lagi mi. Mi kan dibuat dari tepung yang diolah berulang, jadi penyerapannya akan lebih cepat. Akibatnya gula darah akan naik secara cepat," tuturnya. 

Disebutkan Samuel, mengonsumsi mi dan nasi secara bersamaan, bukan hanya menyebabkan obesitas, tapi juga diabetes. Maka dari itu, dia melarang konsumsi mi dan nasi secara bersamaan. 

Mie instan dan nasi bahaya jika dimakan bersamaan

Photo :
  • vstory

"Seharusnya jangan (makan mi sama nasi). Kalaupun mau makan seperti ini, nasinya setengah, minya juga setengah. Kalau Anda mau makan yang kenyang tapi sehat, ya jangan satu porsi satu porsi, tapi setengah-setengah," tegas dia. 

Terlebih menurut Samuel, konsumsi nasi putih juga kurang dianjurkan. Mengapa? 

"Tapi sebenarnya nasi putih juga kurang dianjurkan, karena dia gak ada seratnya. Harusnya kita makannya nasi merah, hitam, nasi yang berserat. Itu akan lebih menyehatkan buat tubuh Anda," kata dr. Samuel Oetoro. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya