Awas! Jika Dikonsumsi Bersama, Makanan Ini Bikin Gula Darah Cepat Naik

Gula darah
Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia, ketika mengonsumsi mi instan terutama yang goreng, mereka akan menambahkan nasi agar lebih kenyang. Padahal, kebiasaan tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. 

Spesialis gizi klinis, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS SpGK (K), mengatakan, mengonsumsi mi yang ditambah dengan nasi, sama saja dengan mengonsumsi dobel karbohidrat. 

"Padahal kita ada komposisinya. Jadi ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, ada lagi yang mengandung serat, yaitu sayur dan buah," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat yang diunggah ulang di Youtube VDVC Talk, dikutip VIVA, Senin 18 Oktober 2021. 

Bukan hanya dobel karbohidrat, dokter Samuel mengungkapkan, mengonsumsi mi bersama dengan nasi, membawa dampak buruk lain, yaitu dapat menaikkan kadar gula darah

Ilustrasi diabetes.
Photo :
  • vstory

Ilustrasi diabetes.

"Kita tahu kalau kelebihan karbohidrat, akan menaikkan kadar gula darah. Ditambah lagi nasinya nasi putih, ditambah lagi mi. Mi kan dibuat dari tepung yang diolah berulang, jadi penyerapannya akan lebih cepat. Akibatnya gula darah akan naik secara cepat," tuturnya. 

Disebutkan Samuel, mengonsumsi mi dan nasi secara bersamaan, bukan hanya menyebabkan obesitas, tapi juga diabetes. Maka dari itu, dia melarang konsumsi mi dan nasi secara bersamaan.