Konser Diizinkan, Ini 3 Syarat dari Epidemiolog agar Aman COVID-19

Ilustrasi konser musik.
Ilustrasi konser musik.
Sumber :
  • Freepik/bedneyimages

VIVA – Seiring kasus COVID-19 yang terus menunjukkan penurunan di Indonesia, Pemerintah mengizinkan penyelenggaraan kegiatan dengan skala besar termasuk konser, dengan sejumlah pedoman yang harus dijalankan. 

Namun untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19, Ahli Biostatistika sekaligus Epidemiolog, Windhu Purnomo, memberikan sejumlah syarat agar penyelenggaraan konser tidak menimbulkan penularan. 

Menurut Windhu, syarat pertama yang harus dijalankan yaitu dengan menggunakan tempat atau ruangan dengan ventilasi yang bagus. Seperti apa? 

"Mana yang terbagus? Outdoor. Jangan melakukan konser di ruang tertutup. Ventilasinya luar biasa kurang, apalagi banyak orang di dalam," ujarnya saat webinar VIVA Talk dengan tema 'Kontroversi Konser Musik di Tengah Pandemi', yang digelar Senin 18 Oktober 2021. 

Virus Corona.
Photo :
  • Times of India

Virus Corona.

Selain menyelenggarakan konser di outdoor, Windhu juga memperingatkan pentingnya durasi selama penyelenggaraan konser. 

"Gak udah lama-lama konsernya, konser yang sampai berjam-jam. Konsernya cukup 1-2 jam selesai. Durasinya jangan terlalu panjang. Meskipun outdoor, tetap karena makin lama risiko untuk penularan makin ada," kata dia.