Ini 3 Jenis Obat yang Dikejar Pemerintah untuk Penyembuhan COVID-19

Ilustrasi vitamin, obat, suplemen
Ilustrasi vitamin, obat, suplemen
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pemerintah terus melakukan pendekatan terhadap berbagai jenis obat untuk penyembuhan pasien COVID-19. Terbaru, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, melaporkan terdapat tiga merek jenis obat yang tengah memasuki uji klinis baik di Indonesia maupun produsen asal.  

Ketiga jenis obat itu adalah Molnupiravir, AT-527 dan Proxalutamide.

“Kita sekarang menjajaki beberapa obat-obatan antivirus baru yang promising atau memberikan harapan, sedang ramai dibicarakan, antara lain adalah Molnupiravir dari Merck," kata Budi Gunadi saat memberikan keterangan pers secara virtual usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin, 18 Oktober 2021.

"Kita juga mempelajari obat antivirus yang namanya AT-527 yang dikembangkan oleh Roche and Athea Pharmaceutical. Kita juga sedang mempelajari obat namanya Proxalutamide, yang diproduksi oleh Suzhou Kintor Pharmaceuticals dari Tiongkok,” sambungnya.

Ilustrasi vitamin/obat.
Photo :
  • Freepik/freepik

Ilustrasi vitamin/obat.

Eks bos Bank Mandiri itu juga memaparkan, situasi atau persiapan Indonesia menghadapi virus dari era pandemi menuju endemi. Tentu hal tersebut juga dilakukan dengan percepatan vaksinasi ke masyarakat.

Saat ini, kata dia, laju penyuntikkan vaksin sudah sekitar 2,2 juta per hari. Angka tersebut ditargetkan mendekati 300 juta suntikan hingga akhir tahun. Dengan rincian, 208 juta masyarakat atau 80,5 persen mendapatkan akses suntikan pertama.