10 Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Bisa Kamu Terapkan

Ilustrasi mengantuk
Sumber :

VIVA – Terkadang, kita seringkali merasakan ngantuk di pagi, meski sudah merasa jam tidur kita sudah efektif. Nah, ada beberapa cara mengatasi ngantuk di pagi hari yang bisa kamu lakukan.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Ngantuk di pagi hari menyebabkan produktivitas kita terhambat dan Kesehatan tubuh menurun. Oleh sebab itu perlu melakukan cara agar kitab isa segar dan tidak ngantuk di pagi hari.

10 Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Mengatasi Ketakutan Anak Sebelum Sunat, Inovasi Klinik Sunat dengan Permainan dan Teknologi
  1. Jangan terlalu stres

Ilustrasi wanita/marah/stres.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio
Cari Orang Hilang dengan Google Maps, Begini Caranya

Tingkat stres yang tinggi akibat kelelahan dapat menyerang masalah tidur, sehingga jam tidur kamu berkurang yang menyebabkan rasa kantuk timbul di pagi hari.

Kamu bisa mengurangi stres dengan beberapa cara, seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau mengobrol dengan teman, rekan kerja, atau keluarga. 

Dengan mengurangi stres, kualitas tidur kamu akan menjadi lebih baik dan kamu tidak akan merasakan kantuk di pagi hari. Hari pagi kamu juga akan lebih bersemangat serta penuh energi.

  1. Terapkan pola tidur yang baik

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • U-Report

Kebiasaan tidur yang baik mampu menghilangkan ngantuk di pagi hari. Ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, seperti mematikan layar gawai dan peralatan elektronik satu jam sebelum tidur, buatlah kamar tidur terasa nyaman dan tenang, atur siklus tidur dan bangun (ritme sirkadian), dengan bangun dan tidur di waktu yang sama.

  1. Minum air putih saat bangun tidur

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Ketika kamu bangun tidur, biasakan minum 1–2 gelas air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama kamu tidur. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, kamu akan merasa lebih segar dan juga terhindar dari risiko dehidrasi.

  1. Nyalakan lampu dan ekspos diri ke sinar matahari

Ilustrasi rumah berjendela

Photo :
  • Pixabay

Saat kamu terbangun dari tempat tidur, segera nyalakan lampu kamar tidur agar mata segera terbuka lepas. Lampu cahaya tidur bisa membantu mata terjaga dan tidak membuat mata mengantuk. 

Alangkah baiknya jika kamu mengekspos diri kamu pada sinar matahari pagi. Buka gorden atau jendela dan biarkan sinarnya masuk ke dalam kamar dan menyinari kamu.

  1. Berjemur di pagi hari

Ilustrasi berjemur.

Photo :
  • Science News

Sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang dipercaya mampu memperbaiki kualitas tidur. Saat kualitas tidur membaik, bangun tidur akan terasa lebih segar dan juga dapat mencegah rasa ngantuk di pagi hari.

Kamu bisa berjemur selama 5–15 menit setiap harinya. Berjemurlah sebelum pukul 10 pagi untuk mendapatkan manfaat sinar matahari secara maksimal.

  1. Rutin olahraga 

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kamu sering ngantuk di pagi hari? Jarang olahraga menjadi salah satu faktor penyebab sering mengantuk di pagi hari. Untuk itu kamu perlu melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukan olahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu.

Salah satu penyebab sering mengantuk di pagi hari adalah kebiasaan jarang berolahraga. Nah, jika Anda kurang berolahraga dan merasa kurang berenergi, cobalah untuk mulai lebih sering berolahraga.

  1. Jangan lupa sarapan

Ilustrasi sarapan

Photo :
  • Pexels/Unsplash

Dengan rutin sarapan, kebutuhan energi dan nutrisi tubuh akan tercukupi sehingga kamu akan lebih siap untuk beraktivitas. 

Maka dari itu, jangan lupa untuk sarapan. Kamu bisa sarapan setelah melakukan olahraga untuk membakar lebih banyak kalori, meningkatkan metabolisme, dan menghindari kondisi perut tidak nyaman saat berolahraga.

  1. Konsumsi camilan yang bergizi

Ilustrasi camilan sehat.

Photo :
  • U-Report

Konsumsi camilan bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan aneka vitamin serta mineral.

Makanan bergizi yang banyak mengandung nutrizi di pagi hari diantaranya susu dan olahannya, kacang-kacangan, buah-buahan (alpukat, pisang, kurma), sayuran.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Pexels/The Lazy Artist Gallery

Kafein yang terdapat pada kopi memang bisa membuat kamu lebih terjaga dan berenergi. Namun, jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah banyak, kafein justru bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah dan mudah mengantuk. Oleh karena itu, kurangi kafein agar tidak menimbulkan keluhan sering mengantuk di pagi hari. 

  1. Stop merokok

Ilustrasi berhenti merokok.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu perokok berat, sebaiknya kamu mengurangi merokok apabila tidak ingin merasakan kantuk di pagi hari. Perokok biasanya memiliki kualitas tidur yang buruk karena nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu siklus tidur dan bangun. 

Berhenti merokok memang susah untuk berhenti secara total, mulailah berhenti merokok secara perlahan dan rasakan manfaatnya pada tubuh kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya