Studi: Ini Waktu Terbaik Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi berat badan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi COVID-19 telah membuat sebagian besar dari kita bertambah berat badan. Sementara dunia kembali normal, kita semua mencoba cara baru untuk kembali bugar. Jika Anda mulai berolahraga baru-baru ini, ada kabar baik untuk Anda.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Dilansir dari Times of India, sesuai dengan studi baru yang diterbitkan di Cell Reports Medicine, berolahraga di lingkungan yang dingin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan suhu yang berbeda - tinggi ke rendah dan meningkatkan kapasitas pembakaran lemak tubuh.

Berat badan

Photo :
  • Times of India
Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Penurunan berat badan

Ketika datang waktu untuk menurunkan berat badan, diet, jadwal latihan, pilihan gaya hidup - semuanya membuat perbedaan. Sementara banyak orang berpikir lebih baik berolahraga di gym, beberapa lebih suka melakukannya di taman. 

Mengenal Apa Itu Leptospirosis, Penyakit yang Harus di Waspadai Ketika Musim Hujan

Tapi tak satu pun dari kita pernah berpikir faktor seperti cuaca juga dapat memainkan peran penting dalam perjalanan kebugaran kita. Ternyata, musim dingin atau hujan bisa menguntungkan Anda dalam hal penurunan berat badan.

Apa hubungan antara cuaca dan penurunan berat badan?

Orang mungkin merasa bahwa suhu tinggi bekerja paling baik dalam hal membakar kalori, tetapi studi baru di Cells Reports Medicine mengatakan sebaliknya.

Para ahli dari Universitas Kopenhagen mempelajari delapan pria yang berenang selama musim dingin dan pergi untuk sesi sauna setelah berenang selama dua tahun, sementara kelompok perenang lainnya memilih skenario suhu tertentu.

Hasilnya adalah perenang cuaca dingin lebih baik dalam beradaptasi dengan perubahan suhu di lingkungan mereka, mereka memiliki termoregulasi yang lebih baik.

Ditemukan juga bahwa perenang saat cuaca dingin memiliki aktivasi lemak cokelat yang lebih baik - jenis lemak tubuh khusus, yang diaktifkan ketika tubuh menjadi dingin. Membantu menjaga suhu tubuh saat cuaca dingin.

Karena produksi panas yang lebih tinggi, perenang musim dingin membakar lebih banyak kalori selama pendinginan. Ditemukan juga bahwa orang dengan penyimpanan lemak coklat yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, penyakit arteri koroner, diabetes tipe-2 dan hipertensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya