Waspadai Tanda-tanda Awal Diabetes Tipe-2 Ini, Jangan Diabaikan

Kelelahan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diabetes, adalah penyakit yang ditandai dengan gangguan kadar gula darah dan resistensi insulin, yang dimulai di pankreas tetapi efeknya dapat dirasakan di seluruh bagian tubuh. 

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Sama seperti kesalahpahaman umum bahwa diabetes disebabkan oleh terlalu banyak gula (ini adalah kondisi hormonal), sebenarnya ada beberapa tanda dari tubuh yang mencoba mengingatkan Anda, jika kadar gula darah mulai naik. 

Tidak hanya penting untuk mengenali gejala awal ini, tetapi juga memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat, bantuan perbaikan untuk mengelola dan mengobati diabetes tepat waktu, demikian dikutip dari Times of India.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Sementara beberapa dari tanda-tanda seperti merasa terlalu kering, atau rasa lapar yang sering adalah hal yang umum, lihatlah beberapa dari tanda-tanda yang kurang umum untuk menemukan kadar gula darah Anda  tinggi:

Perubahan kulit

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Leher hitam.

Photo :
  • U-Report

Diagnosis diabetes dikaitkan dengan penyembuhan luka yang lebih lambat, dan seringnya luka dan memar. Apa yang juga bisa dilakukan adalah, berdampak pada warna dan tekstur kulit.

Memiliki bercak kulit yang kering dan gatal adalah tanda peringatan umum diabetes yang akhirnya diabaikan orang. Ini dikenal sebagai 'acanthosis nigricans', yang dapat terjadi ketika tingkat tiroid Anda terganggu juga, dan muncul sebagai lipatan gelap di sekitar leher, ketiak, atau daerah selangkangan. 

Memiliki kadar insulin berlebih dalam tubuh dapat membuat kulit terasa lebih tebal dari biasanya dan bermanifestasi menjadi tanda-tanda tersebut.

Masalah penglihatan

Kesulitan penglihatan, termasuk kebutaan, sering dikaitkan dengan efek samping jangka panjang dari diabetes. Namun, seringkali tidak disadari bahwa beberapa gejala ini, termasuk masalah penglihatan, dapat muncul lebih awal, dan perlu ditangani sedini mungkin. 

Salah satu tanda kesulitan penglihatan yang paling mendesak, ketika Anda menderita diabetes tipe-2, bisa jadi penglihatan kabur. 

Ini bisa terjadi ketika kadar gula darah tetap lebih tinggi dari biasanya, dan merusak beberapa pembuluh darah kritis yang terletak di dalam dan di sekitar mata. Kadar gula yang sangat tinggi juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sementara, pembengkakan atau perubahan penglihatan.

Gusi sering berdarah, mulut kering

Kesehatan dan kebersihan mulut kita memiliki hubungan langsung dengan kadar gula darah kita, percaya atau tidak. Faktanya, para ahli sering menunjukkan bahwa memiliki 'mulut kering', bersama dengan rasa terlalu sering kering atau haus bisa menjadi tanda peningkatan kadar gula darah yang sering terlewatkan.

Mulut kering secara medis juga disebut sebagai xerostomia, dan menyertai diabetes. Meskipun tidak ada penyebab pasti untuk mengalami gejala ini, tanda-tanda kebersihan mulut yang buruk atau memburuk, termasuk bibir kering, kesulitan mengunyah makanan, sering luka atau luka di lidah, kekeringan di mulut bisa menjadi tanda bahwa Anda harus memesan darah untuk diri sendiri. 

Mati rasa, kesemutan di jari tangan dan kaki

Cara mengatasi kesemutan

Photo :
  • U-Report

Prekursor yang dapat dialami oleh diabetes tipe-2 adalah kesemutan atau mati rasa pada kaki atau tangan. Selain rasa pusing dan lelah, kadar gula darah yang terganggu dapat berdampak pada sensasi saraf, membuat seseorang mengalami tremor, mati rasa pada jari tangan dan ekstremitas. 

Gejala ini juga dapat memburuk dari waktu ke waktu dan berkembang menjadi apa yang disebut 'neuropati diabetes'. Sekali lagi, sementara gejala seperti itu mungkin dialami oleh seseorang di kemudian hari, lama setelah didiagnosis dengan diabetes tipe-2, itu juga dapat menjadi tanda peringatan yang harus diwaspadai, atau ketika Anda memiliki pradiabetes.

Sering mengunjungi kamar kecil

Sering buang air kecil, lebih dari biasanya, bisa menjadi tanda bahwa kadar gula darah Anda meningkat tanpa disadari. Tanda khusus yang perlu diperhatikan adalah, jika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering di malam hari.

Kelelahan

Perempuan lelah

Photo :
  • Times of India

Kelelahan sebagai gejala dapat mengundang kekhawatiran. Merasa lelah, lelah setiap hari, merasa sedikit terlalu lelah atau lelah juga bisa menjadi tanda bahwa kadar gula darah Anda turun, dan pada kenyataannya, terkait dengan 'sindrom kelelahan diabetes'.

Meskipun tidak ada penyebab pasti atau alasan mengapa hal ini terjadi, diyakini bahwa kadar glukosa darah yang berfluktuasi atau tidak menentu dapat gagal memasok energi yang dibutuhkan dalam tubuh, yang dapat membuat Anda sering merasa lelah.

Pola makan yang buruk, kurang tidur dan ketidakseimbangan hormon lainnya juga dapat menyebabkan masalah tersebut.

Iritabilitas

Perubahan suasana hati, suasana hati yang rendah atau perasaan terkuras secara mental dapat dianggap sebagai tanda-tanda memburuknya kesehatan mental atau stres. 

Namun, gangguan sekecil apa pun pada kadar gula darah dapat membuat Anda merasa cemas, mudah tersinggung, atau bahkan merasa lapar (marah karena rasa lapar yang luar biasa). 

Gula darah tinggi, atau bahkan terendah dapat dikaitkan dengan perasaan khawatir, cemas, dan lekas marah yang meningkat. Namun, ingatlah bahwa lekas marah tidak selalu menjadi penyebab diabetes. 

Perubahan suasana hati, ketika Anda menderita diabetes biasanya muncul bersama dengan tanda-tanda lain dari kadar gula darah tinggi/rendah, dan tidak secara individual.

Penurunan berat badan yang tidak terduga

Dengan kadar gula darah tinggi yang membuat tubuh resisten insulin, manajemen berat badan bisa berubah menjadi masalah yang menakutkan. Sementara banyak penderita diabetes merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar BMI tetap terkendali, tanda peringatan bisa kehilangan berat badan secara drastis, tanpa berusaha.

Sementara kenaikan berat badan yang tidak terduga menjadi gejala yang terkait dengan berbagai ancaman kesehatan, ketika kadar gula darah Anda sangat tidak seimbang, kadar glukosa ekstra dapat mencapai ginjal dan dikeluarkan sebagai urin, yang dapat membuat kehilangan berat badan dengan mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya