Konsumsi Vitamin C Pengaruhi Jadwal Menstruasi, Ini Penjelasannya

Vitamin C
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sementara sebagian besar dari kita tahu kapan periode menstruasi berikutnya tiba, terkadang mereka mengejutkan kita dengan datang lebih awal atau terlambat. 

Alasan Nyamuk Senang Menghisap Darah Manusia

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi siklus menstruasi kita. Dari obat-obatan, stres, antibiotik dan konsumsi vitamin, apa pun dapat menunda menstruasi atau menyebabkannya datang lebih awal. 

Anda mungkin pernah mendengar ibu Anda memberi tahu bahwa mengonsumsi terlalu banyak vitamin C menyebabkan menstruasi lebih awal. Tapi apakah itu benar? Bisakah vitamin C menyebabkan menstruasi lebih awal atau tertunda? Mari kita cari tahu, seperti dikutip dari Times of India.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Peran vitamin C

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.

Photo :
  • Freepik
Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Vitamin C memiliki peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan. Ini meningkatkan kekebalan kita, melindungi kesehatan kardiovaskular kita, menjaga penglihatan kita tetap sehat dan kulit bersinar. 

Sejak awal pandemi, orang mulai mengonsumsi vitamin C setiap hari untuk meningkatkan kekebalan mereka. Tetapi dapatkah mengonsumsi vitamin C secara teratur memengaruhi siklus menstruasi? 

Wanita mendapatkan menstruasi setiap bulan, yang menyebabkan kehilangan darah. Hal ini menyebabkan kadar zat besi semakin menipis. 

Jika zat besi dalam tubuh tidak diisi ulang, dapat menyebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh dan dengan demikian anemia. Hal ini juga dapat memengaruhi kesuburan wanita.

Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi yang lebih baik. Sesuai penelitian, orang yang kekurangan zat besi juga kekurangan vitamin C.

Lebih awal atau tertunda

Vitamin C dapat memengaruhi hormon yang berperan penting dalam menstruasi. Vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen sekaligus menurunkan kadar progesteron. 

Perubahan hormonal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim dan menyebabkan lapisan rahim rusak, yang menyebabkan menstruasi. Tapi tetap saja, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat memengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan menstruasi datang lebih awal.

Ilustrasi suplemen vitamin C.

Photo :
  • Pixabay

Siklus menstruasi Anda dapat berubah karena sejumlah alasan. Salah satu alasan umum adalah jumlah hari dalam sebulan, yang bervariasi.  Hal ini, dari waktu ke waktu, dapat membuang menstruasi Anda sebanyak seminggu.

Penambahan berat badan juga dapat memengaruhi menstruasi Anda. Bahkan penurunan berat badan yang signifikan juga dapat mengganggu menstruasi.

Ketidakseimbangan hormon, pil KB, infeksi juga dapat menyebabkan periode tertunda. Terlalu banyak stres, kecemasan, dan obat-obatan juga dapat menyebabkan keterlambatan siklus menstruasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya