Manfaat Minum Air Rebusan Lemon, Dan Begini Cara Membuatnya

Gelas dari lemon
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Air lemon yang menyegarkan adalah salah satu minuman paling populer di seluruh dunia karena berbagai alasan. Tidak hanya enak dan menghidrasi tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Minum air lemon untuk tujuan kesehatan sebenarnya telah menjadi hal yang populer dalam beberapa dekade terakhir. Anda dapat menyiapkan segelas air lemon sederhana dengan lebih dari sepuluh cara berbeda dengan bereksperimen dengan bahan-bahannya. 

Masing-masing dari mereka akan sama-sama sehat dan lezat. Pada artikel ini, kami telah mencoba mengeksplorasi manfaat air lemon rebus, alternatif lain yang bagus untuk air lemon tradisional. 

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Untuk menyiapkan minuman ini, air hangat digunakan sebagai pengganti air dingin atau air biasa dan itulah yang membuat perbedaan, dikutip dari Times of India.

Kandungan nutrisi air lemon

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Lemon

Photo :
  • U-Report

Lemon, salah satu dari dua bahan utama minuman ini adalah sumber yang kaya vitamin C. Jus satu lemon menyediakan sekitar 21 persen dari nilai harian seseorang (DV). Selain itu, buah sitrat kaya akan flavonoid, senyawa dengan sifat melawan penyakit yang kuat.

Minuman ini rendah lemak, karbohidrat, gula, tetapi mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk potasium, folat, dan vitamin B.

Nilai gizi dari setiap gelas air lemon bervariasi tergantung pada seberapa banyak jus lemon yang diperas di dalamnya dan bahan-bahan lain yang ditambahkan ke dalamnya.

Sesuai pedoman diet, wanita yang lebih tua dari 19 tahun harus mengonsumsi 75 mg vitamin C dan untuk pria yang lebih tua dari 19 tahun adalah 90 mg per hari. Mereka yang merokok membutuhkan lebih banyak vitamin C per hari daripada mereka yang tidak.

Berbicara tentang air lemon yang direbus secara khusus, masih belum banyak penelitian ilmiah yang dilakukan yang dapat membantu kita memahami jika merebus mengubah kandungan nutrisinya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merebus sebenarnya dapat mengurangi jumlah nutrisi dalam minuman. Hal ini mengatakan meminum lemon rebus dikatakan sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari meminumnya adalah:

Memperbaiki kondisi kulit

Cara membuat masker alami sesuai kulit wajah, image by : herworld.co.id

Photo :
  • U-Report

Menjadi kaya vitamin C, antioksidan kuat, air lemon dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dapat mengurangi tanda penuaan, garis halus dan mengurangi munculnya jerawat. 

Asupan vitamin C juga dapat membantu luka lebih cepat sembuh dan mengurangi bekas luka. Mengambil minuman setiap hari dapat membuat kulit Anda terlihat segar dan berkilau.

Menurunkan tekanan darah

Minuman lemon mengandung beberapa mineral yang mungkin bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Kalsium dan kalium keduanya dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air lemon dapat membantu membawa angka tersebut ke kisaran normal dengan segera.

Meningkatkan kekebalan

Vitamin C bahkan memiliki sifat meningkatkan kekebalan. Minum minuman ini setiap hari juga dapat membantu melindungi dari gangguan pernapasan seperti COVID-19 dan flu. Meningkatkan kekebalan adalah hal paling sederhana yang dapat dilakukan demi kesehatan dan tetap bugar.

Meningkatkan pencernaan

Ilustrasi sembelit

Photo :
  • Times of India

Jika Anda salah satu yang sering menderita masalah sembelit, kembung atau mulas, minum segelas air lemon setelah makan dapat membantu Anda menyingkirkan semua masalah tersebut. Minum air hangat juga dapat meningkatkan metabolisme Anda.

Bagaimana mempersiapkannya?

Tidak ada aturan wajib dan cepat dalam menyiapkan air lemon rebus. Anda selalu dapat bereksperimen dengannya dan menambahkan bahan yang berbeda untuk meningkatkan rasa sesuai selera. Ada dua metode dasar untuk membuat segelas air lemon.

Metode 1

Potong lemon menjadi dua dan peras dengan baik untuk mendapatkan jusnya. Tambahkan jus ke dalam segelas air matang dan biarkan dingin sebelum diminum.

Metode 2

Potong lemon menjadi irisan dan tambahkan sepotong ke secangkir air yang baru direbus. Biarkan dingin beberapa saat sebelum diminum.

Air lemon adalah minuman lezat yang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Menambahkannya ke dalam diet Anda juga akan membantu tetap terhidrasi. 

Minuman ini umumnya aman dikonsumsi untuk semua orang, tetapi berlebihan dapat merusak email gigi dari waktu ke waktu dan meningkatkan risiko gigi berlubang. Minumlah satu atau dua gelas air lemon rebus dalam sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya