Sebabkan Pendarahan, Usia 60 Tahun ke Atas Dilarang Makan Obat Ini

Ilustrasi lansia
Ilustrasi lansia
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Serangan jantung merupakan keadaan darurat medis serius yang membutuhkan bantuan segera. Saat terjadi serangan jantung, suplai darah yang mengalir ke organ tiba-tiba tersumbat. Orang yang berisiko biasanya disarankan untuk mengonsumsi statin atau aspirin untuk menurunkan risikonya.

Tetapi penelitian baru menemukan, begitu seseorang memasuki usia 60 tahun, mereka harus berhenti minum obat penghilang rasa sakit tersebut yang biasanya dikonsumsi sebagai pencegahan penyakit jantung. 

Seperti obat lainnya, aspirin memiliki kemungkinan efek samping. Salah satunya adalah pendarahan lebih mudah terjadi dari biasanya, karena obat tersebut dapat mengencerkan darah.

Ilustrasi: Sakit Jantung
Photo :
  • vstory

Ilustrasi: Sakit Jantung

Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS melaporkan, risiko pendarahan internal lebih tinggi untuk orang berusia 60 tahun dan tidak akan ada manfaatnya saat meminum pil ini walaupun dikonsumsi secara teratur untuk mencegah penyakit jantung.

Meskipun badan kesehatan tersebut mengakui aspirin dapat mencegah serangan jantung dan stroke bagi mereka yang berusia 40-an. Namun, mereka juga memperingatkan tentang bahaya obat tersebut bagi mereka yang berusia 60-an. 

"Penggunaan aspirin setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke pada beberapa orang, tetapi juga dapat menyebabkan bahaya yang berpotensi serius, seperti pendarahan internal," kata anggota tim dokter John Wong, dilansir Express, Kamis 21 Oktober 2021.