Berpotensi Sebabkan Kanker, 2 Obat Hipertensi Ditarik dari Pasaran

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Perusahaan Lupin Pharmaceuticals secara sukarela menarik dua produk obatnya, yaitu irbesartan dan hidroklorotiazid. Keduanya biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, bahkan irbesartan juga telah diresepkan di Inggris.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Lupin Pharmaceuticals menemukan, sejumlah tablet tersebut melebihi batas spesifikasi sebagai zat yang berpotensi menyebabkan kanker. Zat bermasalah tersebut bernama N-nitrosoirbesartan. Demikian dilansir dari laman Express.co.uk, Kamis, 21 Oktober 2021.

Hal ini diketahui setelah dilakukan tes pada batch yang mengindikasikan kemungkinan kontaminasi dengan zat penyebab kanker. Penarikan dua obat tersebut bahkan telah diumumkan di situs Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain digunakan untuk mengobati hipertensi, irbesartan dan hidroklorotiazid juga digunakan untuk mengobati nefropati diabetik pada pasien hipertensi dengan diabetes tipe 2, yang telah didistribusikan secara nasional di Amerika Serikat.

Saat ini, Lupin Pharmaceuticals telah memberi tahu para pedagang grosir, distributor, pengecer dan supermarket tentang pengaturan pengembalian obat yang akan ditarik.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Ini merupakan kasus penarikan kedua terkait obat ini, di mana yang pertama terjadi di Inggris pada awal Agustus 2021. Badan Pengawas Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) melakukan penarikan kembali sebanyak 25 batch obat yang mengandung irbesartan.

Alasan penarikan obat tersebut pada bulan Agustus sama seperti sekarang, di mana ada kasus kontaminasi dengan zat yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Ada beberapa jenis obat lain yang digunakan di Inggris untuk mengobati hipertensi. Bahkan, banyak orang mengonsumsi kombinasi tablet yang berbeda, demikian menurut National Health Service (NHS).

"Sangat penting untuk minum obat sesuai petunjuk. Jika Anda melewatkan dosis, itu tidak akan berfungsi dengan baik," kata NHS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya