Hati-hati, Mata Merah Bisa Menandakan Penyakit Hati Berlemak

mata merah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak berbahaya di organ hati. 

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Penyakit ini seringkali dapat dicegah atau dibalikkan sebelum terjadi kerusakan yang mengancam jiwa. Namun hati-hati, dua tanda di mata bisa menandakan penyakit hati yang berpotensi fatal.

The Liver Trust menjelaskan, salah satu peran hati adalah mengubah zat yang berpotensi merusak, yang dibuat atau diambil oleh tubuh dan membuatnya menjadi tidak berbahaya.

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

"Namun, jika hati rusak parah dan tidak dapat berfungsi dengan baik, 'racun' ini dapat menumpuk di aliran darah," kata The Liver Trust, dikutip VIVA dari laman Express, Jumat 22 Oktober 2021.

Saat kondisinya memburuk, organ hati menjadi semakin terganggu hingga tidak mampu menjalankan fungsinya lagi.

Indonesia Peringkat 3 dengan Jumlah Gangguan Penglihatan Terbanyak di Dunia

Mata kuning

Jika bagian putih mata tampak kuning, para ahli memperingatkan ini bisa menjadi tanda penyakit hati yang mematikan. Menguningnya mata ini terkadang disertai dengan kulit semburat kuning, yang disebabkan oleh kondisi penyakit kuning.

Warna kuning tersebut dihasilkan dari sejumlah besar bahan kimia yang dikenal sebagai bilirubin, yang merupakan produk sampingan dari sel darah merah yang rusak.

Organ hati biasanya menyaring bilirubin kita dari darah dan menggunakannya untuk membuat empedu. Tapi saat berhenti bekerja, kadar bilirubin menumpuk, sehingga mengakibatkan penyakit kuning.

Mata merah

Sumber lain mengklaim bahwa mata merah bisa menjadi tanda peradangan di hati. Menurut Select Specs, ini bisa menandakan tahap awal penyakit hati berlemak.

"Hati yang meradang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Jadi, penting untuk menjalani diet yang seimbang dan sehat serta mencoba untuk mengurangi alkohol dan merokok," ujar Select Specs.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya