Mengurangi Risiko Kematian, 13 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi
Tips menurunkan tekanan darah tinggi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tips menurunkan tekanan darah tinggi wajib diketahui oleh setiap orang karena ini adalah kondisi berbahaya yang bisa merusak jantung. Hampir satu miliar orang di dunia menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bila penyakit ini dibiarkan dan tidak terkontrol, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke sampai meningkatkan risiko kematian.

Hipertensi merupakan kondisi ketika seseorang melakukan cek tekanan darah dan mendapatkan tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg, dan tekanan darah diastoliknya lebih dari 90 mmHg. Kondisi ini harus diwaspadai oleh yang menderitanya. Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan obat, tapi selain obat gaya hidup pun penting dalam menurunkan tekanan darah.

Bahkan, sebuah studi menyatakan bahwa dengan melakukan diet, tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, tetapi juga akan mempertahankan tekanan darah pada batas normal. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran dengan tips menurunkan tekanan darah tinggi, simak ulasan berikut yang disadur dari medicalnewstoday.com.

Lalu, Apa Saja Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

1. Berjalan dan berolahraga secara teratur

Jogging pakai masker.
Photo :
  • Times of India.

Jogging pakai masker.

Olahraga teratur bisa membantu kamu menurunkan dalam tekanan darah. Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga yang teratur ini membantu jantung lebih kuat dan lebih efisien ketika memompa darah, yang menurunkan tekanan dalam arteri.