Hindari Olahraga dengan Durasi Ini Sebelum Tidur, Ini Efeknya

Olahraga Malam
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Olahraga merupakan salah satu kebiasaan yang wajib dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang disukai, agar terasa menyenangkan.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Namun, berolahraga tetap harus memerhatikan waktunya. Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah boleh berolahraga sebelum tidur?

Seiring dengan kesibukan pekerjaan, sebagian orang merasa kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga di siang hari. Untuk itu, mereka pun memilih untuk berolahraga di malam hari setelah bekerja. 

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Ada yang memilih bersama-sama dengan teman di sarana olahraga outdoor, namun ada juga yang melakukannya di rumah. Semua memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin tubuh yang lebih sehat dan bugar. Lalu, bolehkah berolahraga sebelum tidur? 

Dikutip TheAsianparent, penelitian menunjukkan, olahraga intensitas tinggi kurang dari 2 jam sebelum tidur, dapat berdampak negatif pada waktu tidur. Sementara berolahraga lebih awal di malam hari, dapat membuat kualitas tidur lebih baik. 

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Olahraga

Photo :
  • Times of India

Akan tetapi, olahraga intensitas tinggi juga memicu perubahan fisiologis yang dapat menunda rasa kantuk. Latihan intensitas sedang, sering direkomendasikan sebagai cara untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak. 

Banyak yang tidak kita ketahui tentang hubungan antara olahraga dan kualitas tidur. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan tersebut, para peneliti di Universitas Concordia melakukan analisis data dari penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan efek olahraga intensitas tinggi terhadap kualitas tidur. 

Para peneliti menemukan, olahraga yang dilakukan 2 jam atau lebih sebelum tidur, dapat membantu kualitas tidur. Responden tertidur lebih cepat dengan durasi tidur yang lebih lama. 

Akan tetapi, olahraga yang dilakukan menjelang waktu tidur memiliki dampak negatif. Di antaranya menyebabkan orang membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan tidur dalam waktu yang lebih singkat. 

Selanjutnya pembahasan mengenai olahraga sebelum tidur yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Jika ingin mengetahui kelanjutannya, silakan klik pada tautan ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya