Kabar Baik, Vaksin Merah-Putih Siap Dipakai pada Maret 2022

Petugas kesehatan memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada petani dalam pelayanan vaksinasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Petugas kesehatan memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada petani dalam pelayanan vaksinasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

VIVA – Kabar baik bahwa saat ini data pemerintah menunjukkan, lebih dari separuh sasaran vaksinasi di Indonesia telah mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19. Vaksin terbukti menurunkan risiko gejala sakit berat bahkan kematian akibat COVID-19.

Dalam Dialog Kamis Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Kamis 21 Oktober 2021, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebutkan bahwa 175 juta dosis vaksin telah disuntikkan di Indonesia.

Bahkan, Nadia menyebutkan, vaksin produksi Tanah Air akan segera lolos uji klinis dan dapat mulai dipakai pada tahun 2022 mendatang.

“Kita berharap, vaksinasi pada 2022 mulai menggunakan Vaksin Merah Putih kita,” kata Nadia.

Ia menambahkan bahwa potensi munculnya gelombang ketiga adalah sebuah keniscayaan. Sebuah publikasi ilmiah telah menyebutkan bahwa pola COVID-19 ini akan menimbulkan beberapa gelombang, dengan lebih dari satu puncak gelombang. 

Saat berhadapan dengan varian Delta, negara-negara dengan cakupan vaksinasi cukup tinggi pun tetap mengalami peningkatan kasus, walaupun kematian dan kesakitannya relatif lebih rendah. Sementara, varian Delta tersebut masih mendominasi di Indonesia. 

"Kita ketahui, pada akhir tahun ada potensi kegiatan-kegiatan masyarakat yang menimbulkan kenaikan kasus karena mobilitas masyarakat meningkat,” tutur Nadia.