Hati-hati, Tidur Sambil Duduk Bisa Berakibat Fatal

Ilustrasi wanita duduk
Ilustrasi wanita duduk
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Pernahkah kamu tertidur lelap saat bekerja di depan komputer atau laptop? Meski terasa nyaman, apakah kamu mengalami sakit punggung, kaku di leher dan bahu setelahnya? Jika ya, itu akibat duduk terlalu lama dan tidak bergerak.

Ya, tidur sambil duduk atau bahkan berdiri adalah fenomena umum di dunia hewan. Namun, tubuh manusia tidak terbiasa dengan praktik seperti itu.

Dilansir Times of India, Jumat, 22 Oktober 2021, tidak aktif dalam posisi duduk dapat sangat membebani persendian dan dapat membuatnya menjadi kaku. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit parah, seperti trombosis vena dalam.

Meski terasa nyaman tertidur di meja saat bekerja, namun melakukannya terlalu sering, bisa membawa banyak masalah kesehatan. Tidak bergerak dalam satu posisi dapat menyebabkan nyeri punggung dan tubuh, yang juga dapat merusak postur.

Tidak bergerak juga dapat menyebabkan sendi kaku dan mungkin memiliki dampak yang menyakitkan. Melakukan peregangan dianggap sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas, postur dan mencegah kekakuan sendi.

Ilustrasi tidur nyenyak.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi tidur nyenyak.

Tidur dengan cara berbaring, dapat membantu meregangkan anggota badan dan persendian. Sementara tidur sambil duduk, dapat mengganggu sirkulasi darah dan membatasi gerakan, yang menyebabkan komplikasi lebih lanjut.