8 Tips Agar Cepat Melahirkan di Usia Kandungan 38 Minggu

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA – Tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu atau trimester akhir wajib diketahui oleh setiap perempuan yang tengah mengandung. Pasalnya, seorang ibu hamil akan melahirkan jabang bayi di usia kandungan mencapai 38 minggu sampai 40 minggu. Untuk kamu yang sudah memasuki trimester akhir pastinya sudah tidak sabar untuk menantikan kehadiran bayi.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Perlu diketahui bahwa tidak sedikit orang yang ingin segera melahirkan sehingga mencari tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu. Tapi, sebelum melakukan beberapa tips berikut, kamu harus berkonsultasi dan mengikuti arahan dari dokter kandungan. Beberapa dari mereka yang ingin melahirkan lebih cepat biasanya dilakukan dengan cara berjalan kaki, berhubungan seksual, sampai menstimulasi puting.

Menurut sebuah laporan, perempuan yang ingin cepat melahirkan karena ia berumur lebih muda, jumlah kehamilan yang terjadi lebih rendah, usia kehamilan lebih lama, dan ingin melahirkan secara normal. Nah, untuk kamu yang telah memasuki usia kandungan tersebut dan ingin segera melahirkan, coba pahami dan lakukan tips berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Lalu, Apa Saja Tips Agar Cepat Melahirkan di Usia Kandungan 38 Minggu?

1. Jalan Kaki

Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

Ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

Tips yang pertama adalah berjalan kaki yang dinilai cukup simpel tapi bisa membantu bayi untuk lebih cepat turun ke pelvis. Gerakan pinggul yang dilakukan oleh perempuan dan dorongan gravitasi akan menekan area serviks. Posisi bayi yang semakin turun tersebut akan mempersiapkan serviks untuk kelahiran dan berdampak pada kontraksi sebagai sinyal. Namun, jangan terlalu capek ya!

2. Hubungan Seksual

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

Tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu yang kedua adalah bercinta. Hal ini karena sperma yang dikeluarkan oleh laki-laki mengandung hormone prostaglandis, yang mana hormone ini akan membantu serviks terbuka dan menipis sehingga dapat membantu kontraksi sesudah orgasme. Tapi, dalam sebuah penelitian sebagian perempuan dilaporkan tetap melahirkan di usia kandungan 38 minggu walaupun tidak berhubungan badan.

Jika kehamilan kamu tidak berisiko tinggi atau tak ada masalah pada plasenta. Dokter kandungan atau bidan akan mengizinkan kamu untuk berhubungan badan. Walaupun ini dinilai belum tentu efektif, tapi berhubungan badan akan meringankan ketegangan, kecemasan, dan stres dengan cara yang lebih sehat.

3. Stimulasi Puting

Pijat payudara

Photo :
  • Times of India

Ahli mempercayai bahwa dengan menstimulasi puting akan merangsang kontraksi pada rahim yang dapat menyebabkan persalinan lebih cepat. Selain itu, kamu juga akan mengeluarkan hormon oksitosin atau hormon kebahagiaan ketika mendapatkan rangsangan puting. Hormon ini akan berperan pada emosi, sistem reproduksi, proses persalinan, dan proses menyusui untuk seorang perempuan.

4. Pijat Akupresur

Pijat akupresur tangan.

Photo :
  • U-Report

Beberapa ahli mempercayai bahwa akupresur bisa merangsang kontraksi dan juga mempercepat proses melahirkan. Pasalnya, teknik pemijatan akupresur bisa meningkatkan hormon oksitosin di dalam tubuh. sebelum menerapkan akupresur pada diri sendiri, pastikan kamu telah memperoleh instruksi ynag tepat dari profesional akupresur terlatih. Bila hal ini tidak berjalan dengan baik, tidak usah khawatir karena akupresur juga akan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit.

5. Akupuntur

Akupuntur.

Photo :
  • Pixabay

Telah dipercaya bahwa akupuntur bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk merangsang pelepasan oksitosin yang ada di dalam tubuh dan untuk mempercepat persalinan. Akupuntur juga dapat memantik bayi supaya melakukan pergerakan yang merangsang rahim. Tapi untuk melakukannya, harus dengan bimbingan ahli yang berpengalaman.

6. Makan Pedas

makanan pedas

Photo :
  • U-Report

Makanan pedas yang identik dengan negara Indonesia juga bisa memberikan keuntungan, karena kegiatan ini merupakan salah satu tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu. Konon, makanan pedas ini akan membuat iritasi ringan pada usus yang menyebabkan kontraksi dalam uterus. Makanan pedas juga bermanfaat untuk meringankan gejala bloating atau berkumpulnya gas di dalam perut.

7. Senam Hamil atau Yoga

Yoga Ibu Hamil

Photo :
  • Ist/youdoyoga

Senam hamil bisa membantuk kamu untuk mempersiapkan persalinan dengan lancar dan sebagai tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu. Karena ini bisa membantu untuk kontraksi secara alami, melemaskan jalan lahir, dan memperlancar posisi janin untuk turun ke jalan lahir. Untuk hasil maksimal, kamu bisa memakai birth ball. Cara ini bisa untuk menstimulasikan otot dan juga merangsan kontraksi berikutnya.

8. Pijat Prenatal

Ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

Tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu terakhir adalah dengan melakukan pijat prenatal. Berbagai penelitian telah memperlihatkan bahwa pijatan ini bisa meningkatkan level oxytocin di dalam tubuh. beberapa layanan pijatan ini akan memfokuskan pada titik-titik yang bisa merangsang aktivitas uterus supaya mempercepat kehamilan. Namun, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya