dr Zaidul Akbar: Begini Cara Bikin Gorengan Enak Tapi Tetap Sehat

Ilustrasi gorengan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Siapa yang tidak menyukai gorengan? Rasanya yang gurih berpadu dengan teksturnya yang renyah, membuat makanan satu ini tidak pernah ditinggalkan oleh para penggemarnya. 

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Meski kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa gorengan bukanlah makanan yang sehat, bahkan berisiko menyebabkan banyak penyakit, tapi tetap saja gorengan tidak pernah sepi peminat. 

Menyadari hal itu, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, memberikan resep cara membuat gorengan yang enak tapi tetap sehat. Lalu, bagaimana cara membuatnya? 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

"Jadi nanti kalau Anda mau bikin gorengan, contohnya bakwan misalnya. Bisa kok. Caranya Anda bikin bakwan yang tidak pakai tepung gluten. Sekarang ada tepung non gluten," ungkapnya dalam video yang diunggah di Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip VIVA, Senin 25 Oktober 2021.

dokter Zaidul Akbar

Photo :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar
Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Setelah menggunakan tepung non gluten, bahan selanjutnya yang disarankan dokter Zaidul untuk membuat bakwan sehat adalah dengan menambahkan sayur-sayuran organik. 

"Diaduk-aduk pakai tepung, kasih bumbu yang alami segala macem, lalu dipanggang, di-bake atau di oven. Gak pakai minyak kan?" terang dia. 

Zaidul mengatakan, cara tersebut sudah dia praktikkan sendiri. Dan dia pun berani mengonsumsi gorengan jika diolah dengan cara seperti itu. Namun kendati demikian, Zaidul tetap tidak menyarankan untuk sering-sering mengonsumsi gorengan. 

"Meskipun gak boleh sering-sering juga, karena tetep tepung juga. Kenapa saya tidak menyarankan sering-sering makan tepung atau nasi? Karena kan banyak akan kita dapatkan masalah dari situ. Apalagi kalau sudah dipanaskan," tutur dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya