11 Tips Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL, Supaya Cepat Menimang Bayi

Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL harus diketahui oleh perempuan yang sedang mengandung dan ingin segera melahirkan. Namun, kunci utama jika kamu ingin cepat melahirkan sebelum HPL adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. HPL sendiri adalah Hari Perkiraan Lahir yang mana merupakan prediksi tanggal mengenai kapan Si Kecil akan lahir ke dunia

Alyssa Soebandono Unggah Foto Anak Ketiga yang Baru Lahir dan Ungkap Namanya

Selain itu, kamu juga harus memahami terlebih dahulu tentang persiapan dan risiko melahirkan sebelum HPL. Biasanya seorang dokter akan mengizinkan jika janin memang sudah benar-benar matang dan siap untuk hidup di luar kandungan. Nah, untuk kamu yang sudah tidak sabar menantikan sang buah hati, coba tips agar cepat melahirkan sebelum HPL berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Apa Saja Tips agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL?

Selamat! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Dikaruniai Anak Ketiga

1. Berjalan Kaki

Olahraga jalan kaki.

Photo :
  • U-Report
Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Rajin-rajinlah untuk berjalan kaki dengan santai dan benar. Hal ini dapat dilakukan khususnya ketika kamu merasakan kontraksi. Upayakan postur tubuh dalam keadaan tegak, tidak condong ke belakang atau ke depan. Selain mudah dan praktis karena dapat dilakukan di mana saja, tips agar cepat melahirkan sebelum HPL ini mungkin akan direkomendasikan oleh dokter kandungan.

2. Senam Hamil

Ilustrasi gerakan senam.

Photo :
  • U-Report

Senam hamil dapat menjadi salah satu tips agar cepat melahirkan sebelum HPL. Cara ini juga terbilang aman karena hanya melakukan gerakan-gerakan yang dikhususkan untuk ibu hamil. Gerakan senam ibu hamil juga cukup ampuh untuk merangsang janin serta mempercepat kontraksi di dalam rahim.

3. Stimulasi Puting

Payudara

Photo :
  • Times of India

Stimulasi puting juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk cepat melahirkan sebelum HPL. Puting payudara ibu hamil akan terangsang dan bisa menghasilkan hormon oksitoksin. Hormon oksitoksin ini yang nantinya akan mempercepat kontaksi. Kamu dapat memberikan rangsangan pada puting dengan memijat-mijat secara perlahan. Pijatlah puting selama 5 menit dan pemijatan ini akan cukup memengaruhi percepatan melahirkan.

4. Berhubungan Intim

Berhubungan seks

Photo :
  • Asiaone

Ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan yang aman, yakni sekitar minggu ke-37 atau ke-38 sangat dianjurkan untuk sering melakukan hubungan badan dengan suami. Bukan tanpa sebab, berhubungan intim ini nyatanya akan menjadi sebuah cara supaya kamu bisa melahirkan sebelum HPL. Dengan berhubungan intim ini, sperma yang masuk ke dalam vagina akan berperan pada kontraksi rahim.

5. Akunpuntur

Akupuntur.

Photo :
  • Pixabay

Tips ini mungkin tidak cocok untuk ibu hamil yang takut dengan jarum suntik. Tapi, jarum yang digunakan untuk akupuntur berbeda dengan jarum suntik karena sangat lembut dan tipis, sehingga kamu mungkin tidak akan merasakan apa pun pada saat ditusukkan ke kulit. Selama berpuluh-puluh tahun, akunpuntur dipakai untuk menginduksi ibu hamil yang telah melewati HPL.

Walaupun terdapat pro dan kontra mengenai hal ini, tapia da beberapa bukti jika akunpuntur ini memang bermanfaat. Salah satunya karena induksi memakai akupuntur umumnya langsung berdampak dalam kurun waktu 6-48 jam. Tapi, perlu dipahami tips agar cepat melahirkan sebelum HPL ini belum tentu cocok untuk semua ibu hamil.

6. Akupresur

Titik akupresur sakit kepala.

Photo :
  • U-Report

Akupresur juga mempunyai manfaat untuk ibu hamil, baik selama mengandung atau sesudah melahirkan. Akupresur bermanfaat supaya cepat melahirkan sebelum HPL, mencegah mual, dan muntah. Namun, kamu harus memastikan bahwa teknik akupresurnya benar dan dilakukan oleh seorang profesional. Umumnya tititk pijatan berada di jari telunjuk, bahu, dan pergelangan kaki.

7. Kurma

kurma.

Photo :
  • U-Report

Berdasarkan salah satu penelitian, memakan kurma 4 minggu sebelum HPL bermanfaat untuk mempercepat proses persalinan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk mempercepat prosen jalan bukaan lahir, meningkatkan proposional selaput ketuban, merangsang persalinan normal, dan mengurangi kebutuhan induksi prostin/oksitoksin.

8. Birthing Ball

Ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL berikutnya adalah dengan duduk di atas bola lentur kemudian gerakkan tubuh. Layaknya senam hamil, tips ini memiliki tujuan untuk mengarahkan jabang bayi supaya semakin mendekati jalan lahir.

9. Makan Pedas atau Kari

ilustrasi makanan pedas

Photo :

Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL ini mungkin tidak akan cocok untuk semua ibu hamil. Terlebih lagi, bila kamu memang tak menyukai makanan pedas. Beberapa orang mempercayai bahwa makanan pedas bisa mengiritasi ringan pada usus, sehingga menyebabkan rahim kontraksi. Bila kamu terbiasa dengan makanan pedas dan ingin mencobanya, lakukan dengan wajar, ya!

10. Minyak Jarak

Minyak jarak.

Photo :
  • http://noniq.blogspot.com/

Minyak jarak atau minyak kastor ini dipercaya bisa merangang produksi prostaglandin. Tapi, untuk beberapa perempuan, induksi dengan memakai minyak ini dapat memantik munculnya diare, muntah, dan dehidrasi. Tentu saja kondisi tersebut tidak baik untuk ibu hamil yang menjelang persalinan. Jadi, bila pada saat mencium aroma minyak kastor sudah membuat mual, maka jangan pakai tips ini.

11. Daun Raspberry Merah

raspberry

Photo :

Banyak yang percaya bahwa daun raspberry ini bisa menguatkan otot panggul dan juga peranakan serta merilekskan pembuluh darah. Selain itu, daun ini juga dapat merangsang produksi ASI dan mempercepat pemulihan setelah melahirkan. Beberapa ibu hamil memakai daun ini beberapa minggu sebelum HPL supaya proses persalinan bisa lebih mudah dan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya