Terbukti Memangkas Berat Badan, Ini 11 Tips Diet untuk Pemula

Tips diet untuk pemula
Sumber :
  • acai-berry-indonesia.com

VIVA – Tips diet untuk pemula tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan forntal, karena sangat tidak aman untuk kesehatan tubuh. Sebelum melakukannya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja trik diet yang aman, tapi tetap efektif. Ketika melakukan diet, perlu dipahami bahwa nutrisi tetap dibutuhkan oleh tubuh, jangan sampai deficit.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Berat badan ideal merupakan dambaan untuk semua orang sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bentuk tubuh tersebut dengan melakukan diet. Melakukan diet yang sehat dan efektif memang hasilnya tidak akan secepat jika kamu mengonsumsi obat diet atau melakukan operasi sedot lemak. Tapi, car aini tentunya lebih aman dan bentuk tubuh dapat ideal dalam jangka waktu lama.

Menjalani diet yang benar perlahan-lahan akan mengubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat. Sehingga bukan hanya menurunkan berat badan, tapi risiko kamu terkena berbagai penyakit berbahaya pun akan semakin berkurang. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai tips diet untuk pemula, simak ulasan berikut yang disadur dari nhs.uk.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Lantas, Apa Saja Tips Diet untuk Pemula?
1. Hindari Makanan Kemasan

Makanan kemasan dalam lemari pendingin supermarket.

Photo :
  • Pixabay
Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Dengan menghindari makanan kaleng atau kemasan yang kerap ditemukan di supermarket akan mendukung untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, makanan tersebut biasanya mengandung gula, lemak dan kalori yang tinggi. Sehingga jika kamu ingin menurunkan berat badan, makan tersebut tidak akan mendukung perjuangan yang telah kamu lakukan.

2. Batasi Konsumsi Gula

Cara menyimpan gula pasir.

Photo :
  • U-Report

Tips diet untuk pemula berikutnya adalah dengan membatasi konsumsi gula. Banyak orang yang tidak sadar dengan gula yang mereka konsumsi sudah jauh dari kadar yang telah direkomendasikan. Karena, kelebihan gula yang dikonsumsi dalam tubuh akan disimpan ke dalam bentuk lemak dan membuat berat badan terus membengkak.

Guna mendukung perjuangan dalam menurunkan berat badan, mulailah dengan cara sederhana yaitu mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan. Kamu juga bisa mencari alternatif lain lain yang bisa mengantikkan gula dan tetap terasa manis, tapi lebih sehat.

3. Sarapan Rendah Kalori

Yoghurt.

Photo :
  • U-Report

Meskipun kamu sedang melakukan diet, kamu tidak boleh melewatkan sarapan. Terlebih lagi, ketika sedang sarapan kamu harus memilih makanan yang mengandung nutrisi, serat, dan vitamin cukup tinggi. Beberapa contoh makanan yang bisa kamu coba untuk melakukan diet adalah yoghurt, smoothies, pisang, dan lain sebagainya.

4. Minum Air Putih

Meskipun mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan untuk kesehatan, konsumsi air putih lebih banyak daripada jumlah yang dapat dikeluarkan oleh tubuh dapat memicu kondisi yang disebut hiponatremia.

Photo :
  • vstory

Salah satu manfaat air putih adalah membuat tubuh tetap terhidrasi. Namun lebih jauh dari itu, air putih juga bermanfaat untuk mendorong pembuangan racun yang berada di dalam tubuh, menghindari camilan yang tidak perlu, dan melancarkan sistem pencernaan. Karena biasanya ketika sedang lapar, kamu akan mencari makan atau camilan. Sehingga sangat dianjurkan untuk meminum air putih karena bisa saja tubuhmu sedang membutuhkan air putih.

5. Aktif Bergerak

Ilustrasi olahraga.

Photo :
  • Pixabay

Salah satu hal yang kerap dilupakan oleh seseorang yang tengah diet adalah berolahraga. Bila menginginkan hasil diet yang efektif, olahraga merupakan salah satu cara yang tidak boleh dilupakan. Setidaknya, lakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Selain berfungsi untuk membakar lemak, olahraga juga bermanfaat untuk membentuk masa otot.

6. Konsumsi Sayur dan Buah

Ketahui 7 Sayur dan Buah Untuk Melancarkan BAB

Photo :
  • U-Report

Tips diet untuk pemula ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Tak heran, karena sayur dan buah memang sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan berlebih. Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sangat tinggi. Kedua jenis makanan ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Buah yang direkomendasikan adalah apel, jeruk, pisang, dan lainnya.

7. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Nasi Putih

Photo :
  • vstory

Nasi putih, roti tawar, atau pasta tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Karena karbohidrat akan meningkatkan kandungan gula yang ada di dalam tubuh. Kandungan gula berlebih akan disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak dan ketika penumpukan telah terjadi, sebagian lemak akan dikeluarkan melalui pembuluh darah. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya, tapi hanya perlu menggantinya dengan kabrohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum.

8. Tidur Cukup

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

Bila kamu sedang melakukan diet sehat, tidur cukup tidak dapat dipisahkan dari hal itu. Karena, bila kamu kekurangan tidur, produksi hormon yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan akan terganggu dan membuat kamu menjadi lebih sering makan.

9. Makan Secara Perlahan

makanan rendah kalori untuk diet

Photo :
  • U-Report

Makan secara tergesa-gesa dapat membuat kamu merasa lapar. Pada sebuah penelitian dijelaskan bahwa orang yang makan tergesa-gesa justru memiliki risiko obesitas sampai 115% daripada orang yang makan secara perlahan. Makan dengan perlahan juga membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Karena, makan perlahan juga menghindari kamu dari makan terlalu banyak.

10. Rajin Minum Kopi Tanpa Gula

Secangkir kopi hitam.

Photo :
  • U-Report

Perlu diketahui bahwa kopi juga berperan sebagai tips diet untuk. Namun, kopi yang dimaksud bukan kopi kekinian atau sachet yang mengandung banyak gula dan susu. Kopi yang bisa menurunkan berat badan adalah kopi hitam tanpa adanya gula. Karena, kopi hitam dapat menambah energi ketika meningkatkan pembakaran kalori di dalam tubuh. kafein di dalam kopi juga akan membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

11. Mengatur Jadwal Makan

Ilustrasi mengatur jadwal makan.

Photo :
  • U-Report

Tips diet untuk pemula terakhir adalah mengatur jadwal makan. Hal ini bukan berarti ketika kamu sedang diet, maka boleh sengaja melompati jadwal makan. Kamu harus mengatur jadwal makan supaya tidak sampai kelaparan. Jadwal makan di sini harus teratur dan sesuai dengan kebutuhan serta apa yang dikonsumsi untuk mendukung program diet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya