Ingin Tetap Segar dan Bugar? Coba 12 Tips Menjaga Kesehatan

Tips menjaga kesehatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tips menjaga kesehatan harus dipahami oleh semua orang karena merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, supaya tetap dalam kondisi sehat, orang banyak yang melakukan apa saja. Berbagai cara dilakukan baik medis maupun non medis, mulai dari logis sampai yang bernuansa supranatural banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan supaya tubuh selalu sehat atau memperoleh kembali kesehatannya. Bahkan, cara yang dilakukan sering juga menambah biaya yang tidak murah.

Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Namun, sebetulnya menjaga kesehatan itu tidaklah sesulit apa yang dibayangkan, bahkan bisa saja tidak memerlukan biaya sama sekali. Akan tetapi, kita harus ekstra sabar dan telaten, sebab banyak orang yang tidak bisa konsisten dalam menjalaninya. Cara menjaga kesehatan supaya tidak mudah sakit pun sering dicari oleh orang-orang yang mempunyai kesibukan tinggi. Pasalnya, orang yang aktif rentan terkena penyakit ketimbang orang yang mempunyai mobilitas lebih sedikit.

Oleh karenanya, sangat penting untuk kita supaya terus memperhatikan kesehatan. Orang yang lelah akan mudah terkena penyakit, karena sistem imun yang ikut melemah. Ketika imun melemah, inilah kesempatan berbagai penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Nah, untuk kamu yang penasaran mengenai tips menjaga kesehatan, simak ulasan berikut yang disadur dari New Chapter.

Pemilu 2024: PB IDI Beri Peringatan Penting!

Lalu, Apa Saja Tips Menjaga Kesehatan?

1. Aktivitas Fisik

Tips Awet Muda untuk Orangtua agar Tetap Energik dan 'Fresh'

Ilustrasi jogging.

Photo :
  • U-Report

Tips menjaga kesehatan pertama adalah melakukan aktivitas fisik. Sebab, aktivitas fisik yang teratur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Ini adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Olahraga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah atau di gym. Menurut Centers for Disease Control (CDC), olahraga teratur dapat membantu mengatur berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan memperkuat tulang dan otot. Jika kamu tidak yakin untuk aktif atau khawatir terluka, cobalah berjalan. Berjalan adalah olahraga ringan yang dianggap aman bagi kebanyakan orang. Jika kamu mencari sesuatu yang lebih intens, pertimbangkan untuk jogging, angkat besi, atau yoga. Baik di rumah atau di gym, olahraga teratur dapat membantu kamu tetap bahagia dan sehat.

2. Minum Air Putih Secara Teratur

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Tidak minum cukup air sepanjang hari dapat membuat kamu merasa sakit, lelah, dan tidak fokus. Konsumsi air perhari bergantung pada banyak faktor, termasuk kesehatan, diet, aktivitas fisik, dan gaya hidup secara umum. Kamu mungkin pernah mendengar aturan 8 gelas sehari, tetapi ini agak rumit karena orang juga mendapatkan hidrasi dari minuman lain dan dari buah-buahan dan sayuran juga.

Secara umum, kamu dapat tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air sepanjang hari, dan jika kamu merasa haus. Cobalah membawa botol air yang dapat digunakan kembali untuk memastikan kamu mendapatkan cukup air setiap hari sebagai salah satu tips menjaga kesehatan. Tahukah kamu, saat ini banyak aplikasi untuk melacak berapa banyak air yang diminum. Melacak asupan air dalam perencana hari juga bisa memuaskan.

3. Minum Multivitamin

Pil multivitamin

Photo :
  • U-Report

Diet seimbang membantu kamu menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik. Namun, orang dewasa yang sibuk cenderung membuat memilih makanan yang tidak sehat atau melewatkan makan sama sekali, sehingga mereka mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup pada hari tertentu. Mengonsumsi multivitamin adalah cara mudah untuk mengisi kesenjangan nutrisi dalam pola makan.

4. Berdiri Setiap 30 Menit Saat Bekerja

Ilustrasi melakukan peregangan badan setelah duduk lama

Photo :

Sangat mudah untuk melupakan istirahat di tempat kerja, apalagi saat banyak karyawan yang masih bekerja dari rumah. Namun, seringnya istirahat dapat membuat kita tetap fokus dan waspada sepanjang hari kerja. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat merusak kesehatan.

Berikut tips menjaga kesehatan, berdiri setiap 30 menit saat bekerja. Lakukan peregangan, jalan-jalan sebentar, atau lakukan tugas kecil. Jika jadwal kamu sudah penuh, ada banyak peregangan yang bisa dilakukan langsung di meja kerja. Luangkan waktu untuk diri sendiri selama hari kerja yang sibuk, pikiran dan tubuh kamu akan berterima kasih.

5. Staycation

Daftar wisata terhits dan populer di pulau bali berdasarkan pengalaman pribadi selama liburan 2 pekan di pulau dewata.

Photo :
  • vstory

Alam adalah obat yang paling manjur untuk stres. Terkadang, tidak ada yang lebih baik untuk kesehatan mental dan emosional daripada pergi keluar. The American Heart Association mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat menghilangkan stres, meningkatkan mood, dan secara umum meningkatkan kesejahteraan. Selama minggu kerja, pertimbangkan untuk keluar saat istirahat makan siang. Pada akhir pekan, berpartisipasilah dalam kegiatan luar ruangan seperti berkebun, berjalan kaki, atau bersepeda.

6. Minum Smoothie

Smoothies.

Photo :
  • U-Report

Kita semua perlu makan lebih banyak buah dan sayuran. Untungnya, smoothie adalah salah satu tips menjaga kesehatan paling sehat dan serbaguna. Kamu bisa membuat smoothie manis dengan buah atau mengemas minuman sehat dengan bayam. Raih bahan-bahan segar seperti pisang, jeruk, dan wortel, atau makanan beku seperti beri atau sayuran cincang. Tambahkan bubuk protein untuk pemulihan pasca-latihan. Apapun selera kamu, minumlah smoothie untuk mengisi kekosongan nutrisi harian.

7. Tidur yang Cukup

tidur dengan lampu menyala

Photo :
  • U-Report

Istirahat yang cukup baik untuk kesehatan. Ini adalah benar, tidur malam yang nyenyak adalah bagian penting dari kesehatan holistik. Menurut CDC, orang dewasa berusia 18-60 tahun membutuhkan minimal 7 jam tidur setiap malam. Namun, berjuang untuk mendapatkan tidur adalah masalah umum di kalangan orang dewasa.

Ketidakmampuan untuk tertidur dan kualitas tidur yang buruk dapat disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari stres hingga kebisingan hingga gangguan teknologi. Tingkatkan kualitas tidur secara alami dengan menetapkan rutinitas tidur malam. Matikan perangkat seperti ponsel dan komputer satu jam sebelum pergi ke tempat tidur. Sisihkan waktu itu untuk kegiatan yang tenang seperti membaca, menulis jurnal, atau minum teh herbal.

8. Pilih Makanan Organik Jika Memungkinkan

Ilustrasi sayuran organik.

Photo :
  • U-Report

Makanan organik baik untuk kamu dan planet ini dan sebagai tips menjaga kesehatan. Murni dan sederhana. Manfaat memilih makanan organik termasuk kandungan nutrisi yang lebih baik dan residu kimia yang lebih sedikit. Jika memungkinkan, belilah daging organik, keju, dan hasil bumi di toko. Cari sertifikasi organik pada label untuk memastikan makanan ditanam dengan hati-hati untuk planet ini.

Pasar, koperasi, dan pertanian lokal adalah tempat yang bagus untuk menemukan pilihan organik. Sebuah inovasi terbaru dalam pertanian organik adalah pertanian regeneratif. Pertanian regeneratif melangkah melampaui organik dengan mengelola lahan dengan metode holistik dan berpikiran maju. Pelajari lebih lanjut tentang penanam dan merek regeneratif yang berkomitmen untuk menggunakan bahan organik regeneratif.

9. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayur

Photo :
  • Times of India

Banyak orang berjuang untuk mendapatkan cukup buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari mereka. Buah-buahan dan sayuran adalah salah satu makanan diet sehat karena dikemas dengan nutrisi dan juga menyediakan serat makanan. Warna yang berbeda menghasilkan fitonutrien yang berbeda, jadi cobalah makan banyak jenis buah dan sayuran.

Untuk membantu menghitung setiap gigitan, tambahkan porsi buah dan sayuran berwarna ke lebih banyak makanan sepanjang minggu. Irisan buah dan sayuran juga bisa menjadi camilan yang enak. Jika tidak suka makan buah atau sayuran sendiri, cobalah memasaknya menjadi makanan yang sudah dinikmati atau menambahkannya ke smoothie. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sangat mudah disamarkan dalam sup, smoothie, dan saus pasta.

10. Ambil Probiotik Harian

Makanan probiotik.

Photo :
  • U-Report

Usus yang sehat berarti tubuh yang sehat. Jaga keseimbangan tubuhmu dengan mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari. Probiotik (jenis bakteri dan ragi yang ramah) membantu kita mencerna makanan, memproduksi vitamin, menghilangkan racun, dan banyak lagi. Sebagian besar sistem kekebalan kita berbasis di usus, jadi kesehatan pencernaan yang baik berarti kesehatan holistik yang baik.

11. Minimalkan Asupan Gula

Cara menyimpan gula pasir.

Photo :
  • U-Report

Mengurangi gula dalam makanan dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan nutrisi secara keseluruhan serta menjadi tips menjaga kesehatan. Tampaknya cukup sederhana, tetapi apakah kamu tahu apa yang harus dicari? Gula datang dalam banyak bentuk yang berbeda, beberapa dari amu mungkin mengenali dan beberapa dari kamu mungkin tidak.

Periksa label nutrisi pada kemasan untuk bahan-bahan seperti sukrosa, glukosa, fruktosa, sirup jagung, atau pati terhidrolisis. Semua ini adalah gula, cara sederhana untuk mengurangi gula adalah dengan membuat pilihan yang lebih sehat di toko.

12. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Ilustrasi keluarga

Photo :
  • U-Report

Manusia adalah makhluk sosial. Lingkungan merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan kita. Jadi, hubungi keluarga, teman, dan tetangga kamu. Jika kamu tidak dapat menghabiskan waktu secara langsung, coba sambungkan melalui panggilan telepon, panggilan video, teks, atau email.

Pertimbangkan untuk menjangkau dan terlibat dalam komunitas lokal kamu. Hadiri acara lokal seperti makan malam, festival, atau acara lainnya. Perkenalkan diri kepada orang baru, kamu mungkin akan menemukan beberapa teman baru. Ingat, setiap orang terkadang membutuhkan koneksi ekstra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya