Hati-hati, Minuman 'Diet' Ini Tingkatkan Risiko Penyakit dan Kematian

Ilustrasi berat badan.
Ilustrasi berat badan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penelitian yang pernah dilakukan oleh British Heart Foundation (BHF), mencatat, mereka telah menemukan hubungan antara sering mengonsumsi minuman manis buatan dengan peningkatan risiko stroke, penyakit jantung dan kematian.

Namun, dalam penelitian ini juga ditemukan, wanita yang minum lebih dari dua kali minuman diet sehari, juga memiliki peningkatan risiko tersebut. Temuan ini didasarkan pada penelitian terhadap lebih dari 80.000 wanita, yang menjadi peserta Studi Observasi Inisiatif Kesehatan Wanita.

BHF telah menyarankan beberapa minuman untuk menggantikan minuman diet. Dikatakan bahwa air putih adalah minuman terbaik untuk diminum sepanjang hari. Dan jika kamu ingin menambahkan rasa tanpa gula, kamu dapat mempertimbangkan untuk menambahkan es batu dan mint segar atau potongan mentimun.

"Mengencerkan sedikit squash dengan air, dapat membuatnya tampak tidak berbahaya. Tetapi sebenarnya, squash atau minuman manis yang dibuat dengan gula mengandung sekitar 3 sendok teh gula per gelas," kata BHF, dilansir Express, Selasa 26 Oktober 2021.

Kopi
Photo :
  • vstory

Kopi

"Meskipun beberapa orang berpikir bahwa kafein dalam teh dan kopi dapat merusak kesehatan mereka, namun ini tidak terjadi pada kebanyakan orang," tutur mereka.

BHF menambahkan, minum teh atau kopi dalam jumlah sedang, yaitu 4-5 cangkir sehari, telah dikaitkan dengan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.