Tidak Harus Bayar Mahal, Ini 10 Tips Cantik Secara Alami Luar Dalam

Tips cantik secara alami
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tips cantik secara alami dapat dilakukan dengan mudah dengan perawatan wajah dasar sehari-hari yang diikuti dengan pola hidup sehat. Contohnya dengan rutin mencuci muka, memakai pelembab tabir surya, sampai tidur yang cukup. Perlu diketahui bahwa tips cantik secara alami bukan hanya berasal dari tampilan fisik saja, lebih jauh dari itu, pola hidup sehat juga memengaruhi kecantikan dalam diri. Bahkan, para dermatologi menyebutkan bahwa untuk tampil cantik secara alami tidak harus memakai beragam produk perawatan kulit atau skincare yang mahal.

Rahasia Cantik Sophia Latjuba, Makin Menua Makin Awet Muda dan Bersinar

Dengan demikian, kamu hanya perlu menerapkan perawatan wajah dasar dan juga menerapkan pola hidup sehat. Karena, menjadi cantik dan menarik tanpa memakai produk perawatan kulit dengan produk kecantikan adalah merawat kulit dengan benar.  Oleh karena itu, VIVA berikan rahasia cantik alami yang dapat kamu lakukan di rumah tanpa harus merogoh kocek untuk melakukan perawatan. Melansir laman WebMD terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai salah satu tips cantik secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

Lantas, Apa Saja Tips Cantik Secara Alami?

Gak Perlu Budget Puluhan Juta, Ini Trik Cantik Natural ala Putri Marino

1. Cuci Muka dengan Benar

Cuci Muka

Photo :
  • http://3.bp.blogspot.com

Salah satu tips untuk tampil cantik dan menarik adalah dengan mencuci muka yang benar. Karena tanpa wajah yang bersih, kulit tidak akan menarik dan kusam. Mencuci muka dengan benar bertujuan untuk membersihkan kulit wajah dari sisa make up, minyak dan kotoran yang menempel di area wajah. Bila sebelumnya kamu memakai make up, maka bersihkan dulu make up tersebut dengan cairan khusus. Karena ini biasanya tidak akan terangkat sepenuhnya dengan mencuci muka.

Baru setelah itu, mulailah mencuci muka dan membilasnya dengan memakai air hangat. Kemudian tuangkan sabun pembersih wajah dengan kandungan ringan ke dalam tangan. Aplikasikan sabun tersebut ke wajah sembari dipijat lembut untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk. Ingat, jangan menggosok area wajah dengan kasar karena bisa membuat kulit iritasi.

2. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Air putih bisa menjaga kesehatan tubuh dan membuat kulit tampak cerah berseri. Karena, air putih mengandung oksigen yang sangat diperlukan oleh kulit. Karena, dehidrasi atau kekurangan cairan akan membuat kulit tampak lebih kering dan bahkan keriput. Oleh karena itu, konsumsi air putih untuk mencegah penuaan dini. Upayakan sehari meminum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelar dan tidak usah memaksakan diri untuk meminum air sampai berliter-liter.

Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Karena ketika cairan tubuh cukup, urin akan mengalir banyak, tidak bau, dan berwarna kuning. Pada saat cairan tubuh tidak cukup, maka urin akan lebih pekat, berwarna kuning pekat, dan berbau karena ginjal harus menyerap cairan lebih ekstra untuk melakukan fungsinya.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Minuman yang beralkohol bisa merusak sel-sel pada kulit karena membuat tubuh dehidrasi. Minum alkohol, misalnya sehari 1 sampai 2 gelas juga bisa merusak organ hati yang berperan untuk menghilangkan racun di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi alkohol, racun akan bercampur dalam darah karena tak bisa dibuang. Hal inilah yang akan membuat kulit kamu tampak lebih kusam, berjerawat, dan tidak sehat.

4. Olahraga

Berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Photo :
  • vstory

Banyak manfaat dari olahraga, salah satunya sebagai tips cantik secara alami. Olahraga dengan teratur juga bisa membuat kamu mempunyai lebih banyak energi dan tetap bugar. Salah satu penelitian menyebutan bahwa olahraga bisa membantu untuk melawan dan membalikkan tanda-tanda penuaan seperti beruban, kulit menipis, mengeriput, dan kebotakan. Olahraga ini bisa dilakukan dengan senam aerobik, jalan cepat, berlari, atau bersepeda.

5. Jangan Memencet Jerawat

cara menghilangkan jerawat

Photo :
  • U-Report

Bila kamu menyukai aktivitas memencet atau memecahkan jerawat, mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, memencet jerawat bisa menyebabkan jaringan parut sampai infeksi. Selain itu, kebiasaan tidak baik ini akan memperparah peradangan dan bahkan meningkatkan risiko munculnya bekas jerawat sampai bopeng. Tentunya bekas jerawat dan bopeng akan membuat kamu semakin tidak percaya diri.

6. Jangan Keramas Setiap Hari

ilustrasi keramas

Photo :
  • U-Report

Banyak orang yang merasa belum mandi bila tidak berkeramas. Padahal, bila kamu melakukan keramas setiap hari akan membasuh minyak alami yang ada di kulit kepala. Minyak ini diperlukan untuk menjaga nutrisi dan kilau rambut. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan rambut yang cantik dan berkilau, dianjurkan untuk tidak keramas setiap hari. Kamu juga tidak dianjurkan untuk menggunakan catokan atau hair dryer setiap hari.

7. Tidur Cukup

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

Tips cantik secara alami berikutnya adalah dengan tidur cukup setiap hari. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang kekurangan tidur akan lebih rentan untuk mengalami penuaan dini, penurunan kelopak mata, mata panda, bahkan wajah akan terasa lebih bengkak. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk tidak begadang dan durasi tidur sebanyak 7 sampai 8 jam per hari.

8. Makan Makanan Sehat

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung

Photo :
  • U-Report

Makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, protein, biji-bijian, dan lemak adalah alah satu tips cantik secara alami yang sangat mudah dilakukan di rumah. Cara ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa diet alami dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan karbohidrat dapat menjadi salah satu cara untuk tampil lebih cantik dan awet muda. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

9. Jangan Merokok

Saatnya berhenti merokok

Photo :
  • Pixabay

Berbagai cara yang dilakukan oleh kamu akan pupus begitu saja dengan merokok. Karena kebiasaan ini bisa mempercepat penuaan kulit, memperparah masalah kulit, dan memperlambat penyembuhan luka. Bahkan, kebiasaan merokok jga bisa membuat kulit tampak lebih tua sehingga memantik untuk terbentuknya kerutan karena gerakan wajah menghisap asap rokok. Disamping itu, kebiasaan ini juga akan mempersempit pembuluh darah dalam lapisan kulit terluar.

10. Meditasi

Orang Meditasi

Photo :
  • U-Report

Tips cantik secara alami yang terakhir adalah dengan mengatasi stres. Perlu dipahami bahwa stres adalah salah satu penyebab seseorang terlihat tidak segar dan bahkan menjadi lebih cepat tua. Supaya kulit tampak cantik alami, cobalah dengan memanfaatkan waktu di pagi hari untuk melakukan meditasi serta mengurangi stres. Waktu terbaik untuk melakukan meditasi adalah di pagi hari, karena di waktu tersebut udara masih terasa segar. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kapan waktu terbaik untuk melakukan meditasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya