Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol, Begini Cara Konsumsinya

Bawang putih.
Sumber :
  • Freepik/Racool_studio

VIVA – Bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan yang wajib ada di dapur. Bawang putih diketahui bermanfaat untuk menguatkan rasa dan aroma suatu hidangan.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Namun tidak hanya itu, bawang putih juga diketahui dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat membantu mengatasi kolesterol.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Canadian Journal of Cardiology mengungkapkan, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian yang melibatkan hewan dan manusia ini menunjukkan hasil penurunan kolesterol LDL.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 27 Oktober 2021 menjelaskan untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam membantu menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk mentah.

"Konsumsi dalam bentuk mentah dikunyah atau digerus. Tanpa dibuat teh dan tanpa tambahan apapun," kata Muthe.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Bawang Putih

Photo :
  • U-Report

Selain itu, diketahui bahwa bawang putih mengandung bahan kimia disebut allicin yang terbukti dapat membunuh bakteri dan jamur dan meringankan gangguan pencernaan tertentu, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara dikonsumsi mentah atau dengan diseduh.

Jika dikonsumsi mentah iris bawang putih kemudian kunyah bawang putih selama 10 menit agar kandungan aktif bereaksi membentuk allicin.

Sedangkan jika mengonsumsi bawang putih dengan diseduh bisa seduh bawang putih 1-2 siung kemudian tunggu hingga hangat kemudian dicampurkan dengan madu dan lemon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya