Mudah Lelah? Ini 7 Tips Mengatasi Badan Lemas Ketika Beraktivitas

Tips mengatasi badan lemas
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips mengatasi badan lemas harus diketahui oleh semua orang karena kondisi ini cukup mengganggu bila sedang beraktivitas. Badan lemas juga merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi pada semua orang yang disebabkan oleh padatnya aktivitas fisik, kurangnya nutrisi, dan lain sebagainya. Bagi beberapa kasus, dengan istirahat yang cukup dan mengo sumsi makanan padat nutrisi bisa mengatasi badan lemas atau kelelahan untuk mengembalikan energi.

Terungkap Kondisi Melitha Sidabutar Sebelum Meninggal: Lemas dan Derita Asam Lambung

Selain itu, badan lemas juga tampak seperti gejala dari sebuah penyakit tertentu, tapi banyak yang merasa lemas tapi tidak mempunyai masalah pada kondisi kesehatannya. Guna mengatasi badan lemas tersebut beberapa orang mengambil makanan yang mengandung glukosa atau minuman berenergi. Tapi, ini bukanlah cara satu-satunya untuk membangkitkan semangat dalam tubuh. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan badan lemas yang dilansir dari Health Line.

Lantas Apa Saja Tips Mengatasi Badan Lemas?

Biar Gak Lemas Puasa, Konsumsi Makanan Jenis Ini Saat Sahur

Faktor Penyebab Badan Lemas

Sebelum mengetahui tips mengatasi badan lemas, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu faktor penyebabnya. Supaya ketika kamu menghadapi kondisi tersebut bisa mengatasinya. Secara umum, badan lemas dapat terjadi karena 3 faktor. Pertama, adalah faktor psikologis yang biasanya terjadi ketika kamu mengalami lemas atau kelelahan bukan karena masalah pada tubuh, melainkan karena gangguan psikologis atau kejiwaan. Misalnya kecemasan, bosan, sedang berduka, stres, dan lain sebagainya. Kedua adalah faktor fisik yang diakibatkan oleh beberapa gangguan tertentu seperti dehidrasi, kehamilan, dan lain sebagainya. Ketiga adalah masalah medis yang sedang diderita, misalnya diabetes, kanker, kekurangan gizi, dan lainnya.

Kenapa Puasa Malah Bikin Lemas? Ahli Ungkap Kesalahan Fatal Ini Saat Berpuasa

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat lokal

Photo :
  • U-Report

Tips mengatasi badan lemas yang pertama adalah dengan memerhatikan asupan makanan ke dalam tubuh. Makanan cepat saji yang sering kita temukan di mana saja, seperti pizza atau friend chicken, jelas bukanlah makanan sehat untuk tubuh. Untuk mengganti makanan tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran atau buah-buahan guna memberikan energi yang lebih baik ketimbang makanan cepat saji. Pasalnya, asupan makanan yang sehat akan menghasilkan tubuh yang bugar.

Istirahatkan Otak

tips hati tenang

Photo :
  • U-Report

Bila kamu sehat secara medis, tapi mengalami badan lemas, maka bisa jadi ini berasal dari pikiran. Sama dengan tubuh, pikiran atau otak juga membutuhkan waktu untuk merelaksasi atau beristirahat. Caranya dengan menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu, bermain game bersama teman-teman, hangout bersama dengan kolega, atau menghabiskan waktu luang bersama dengan keluarga. Hal ini tentunya berperan sebagai penghibur yang akan membuat pikiran kamu kembali segar. Selain itu, pikiran tenang juga akan menjaga keseimbangan mental.

Olahraga

Inovasi daur ulang botol plastik menjadi pakaian olahraga

Photo :
  • ist

Olahraga menjadi salah satu tips mengatasi badan lemas. Kamu hanya perlu memanjakan tubuh dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Gym merupakan salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan aktivitas fisik, tapi juga terdapat beberapa tempat lain seperti gelanggang olahraga atau tempat lainnya. Kamu juga bisa menggerakan tubuh dengan berenang, menari, aerobik, yoga, dan lainnya. Selain itu, jogging selama 30 menit sehari disertai dengan peregangan merupakan salah satu pilihan mudah dan menyenangkan.

Minum Lebih Banyak Air

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh supaya tidak kekurangan energi. Dehidrasi bisa disebabkan karena tubuh kekurangan energi sehingga berdampak negatif pada tidur. Dalam sebuah penelitian tahun 2014, peningkatan asupan air terhadap orang yang sering minum air putih akan memberikan efek positif terhadap tingkat energi.

Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

makanan kaya zat besi

Photo :
  • U-Report

Kekurangan zat besi akan memunculkan masalah kesehatan seperti anemia yang berakibat pada tubuh lemas dan mudah Lelah. Kondisi ini juga bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah untuk terkena infeksi. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, mulai dari sayuran, daging, kacang, atau biji-bijian.

Lakukan Hobi

Ilustrasi bermain gitar.

Photo :
  • U-Report

Tips mengatasi badan lemas berikutnya adalah dengan mengerjakan ataupun melakukan hobi. Mulailah melakukan sesuatu hal yan kamu sukai, baik itu bermain gitar, piano, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan terasa energik ketika melaksanakan sesuatu yang kamu sukai. Jadi, pada saat lelah mulai menyerang tubuh, lakukan suatu hal yang kamu sukai untuk mengembalikan energi dan semangat.

Manfaatkan Ponsel atau TV

Ilustrasi bermain ponsel di toilet.

Photo :
  • U-Report

Tips mengatasi badan lemas selanjutnya adalah dengan memanfaatkan barang elektronik yang kamu miliki. Cara ini mungkin yang paling sering dilakukan ketika badan terasa lemas. Dengan ponsel atau TV kamu bisa menonton video-video lucu atau komedi sampai mendengarkan musik favorit. Selain itu, melihat ponsel selama beberapa menit juga akan membantu membuka mata kamu dan menambah energi untuk melanjutkan aktivitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya