Bawang Merah Mampu Bantu Atasi Kerontokan dan Obati Batuk

Bawang Merah
Sumber :
  • Pixabay/ Klimkin

VIVA – Tidak hanya sebagai penyedap masakan, bawang merah juga memiliki manfaat kesehatan. Bawan merah memiliki kandungan flavonoid, biotin, magnesium, zink hingga mineral.

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Salah satu manfaat dari bawang merah adalah dapat mengatasi kerontokan. Hal ini karena kandungan biotin yang terdapat pada bawang merah.

"Biotin diketahui dapat merangsang peredaran darah ke kepala," kata Ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si dalam program Hidup Sehat TvOne, Rabu, 27 Oktober 2021.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Ilustrasi rambut rontok.

Photo :
  • vstory

Untuk mendapatkan manfaat bawang merah untuk mengatasi kerontokan adalah, menggunakan 4 siung bawang merah. Kemudian bawang merah tersebut dihaluskan menggunakan blender lalu saring airnya.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Untuk pengaplikasiannya, gunakan minyak VCO terlebih dahulu dipijat dan diamkan selama 30 menit. Pengaplikasian minyak VCO untuk mencegah terjadinya iritasi. 

"Setelah itu kemudian berikan air bawang merah yang telah disaring. Lalu setelah itu keramas. Proses ini bisa dilakukan 1 kali sebulan," kata Muthe.

Selain untuk mengatasi kerontokan, bawang merah juga bisa mengobati batuk. Sebab, bawang merah memiliki kandungan sulfur antibakteri, anti jamur dan antivirus yang dapat mengobati batuk, kata Muthe.

Ilustrasi wanita batuk.

Photo :
  • U-Report

Selain manfaat di atas, bawang merah juga memiliki sifat ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak. Lantas bagaimana cara mengonsumsinya?

Dijelaskan Muthe, mengosumsi bawang merah untuk mengatasi batuk bisa menggunakan madu dengan rasio 1:1 dengan konsumsi sebanyak 3 kali sehari.

"Jadi kalau 1 gelas bawang merah dan 1 gelas madu. Iris bawang merah kemudian tutup selama tiga jam dan ambil cairan dan saring cairan itu kemudian tambahkan 1 gelas madu," kata Muthe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya