Ahli Peringatkan '4T' yang Mengindikasikan Gula Darah Tinggi

Ilustrasi tes diabetes.
Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Spesialis gula darah tinggi menyoroti kata kunci yang terkait dengan gejala diabetes. Kata kunci ini disingkat menjadi 4T, yang berarti toilet, thirsty, tired, dan thinner.

Huruf 'T' pertama yaitu toilet, apa artinya? Ya, kamu perlu memerhatikan apakah kamu sering pergi ke toilet akhir-akhir ini? Sering bolak-balik toilet untuk buang air kecil adalah tanda peringatan dini yang sangat umum dari peningkatan gula darah.

'T' berikutnya adalah thirsty atau haus. Apakah kamu merasa sangat haus akhir-akhir ini? Gejala seperti itu bisa benar-benar menjadi pertanda gula darah tinggi, karena tidak ada alasan pasti dari dehidrasi yang kamu alami. 

Kecuali jika kamu berolahraga atau tidak minum cukup cairan setiap hari. Seharusnya tidak ada alasan mengapa kamu merasa haus terus-menerus, kecuali jika kamu memang menderita diabetes. 

Kata kunci 'T' yang lain perlu diwaspadai adalah tired atau kelelahan. Apakah akhir-akhir ini kamu merasakan lelah dari biasanya tanpa alasan yang jelas? 

Kemudian 'T' yang keempat yaitu thinner atau kurus. Cobalah bercermin lalu lihat, apakah berat badanmu turun drastis meski tidak menjalani diet apapun? 

"4T adalah gejala yang paling umum pada orang dewasa, yang harus sama-sama waspada terhadap tanda-tanda diabetes tipe 1. Gejala lain adalah infeksi, termasuk sariawan dan penglihatan kabur. Untuk orang dengan diabetes tipe 1, gejala ini muncul sangat cepat selama beberapa hari atau minggu," kata para ahli diabetes di Inggris, dilansir Express, Kamis 28 Oktober 2021.