Lansia Rentan Depresi saat Pandemi, Ini 7 Langkah Pencegahannya

Ilustrasi lansia
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Pembatasan interaksi sosial selama pandemi COVID-19 dan keharusan tetap di rumau, dapat menyebabkan perasaan kesepian pada kelompok lanjut usia. Faktanya, 43 persen orang dewasa berusia 60 tahun ke atas mengaku merasa kesepian dengan kondisi saat ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ditambah ketakutan akan penyakit baru tanpa pengobatan, meski sudah ada vaksin, dan pembatasan interaksi sosial akan tetap lebih sulit. Sebab, beberapa lansia dengan komorbid belum bisa mendapat vaksin. Depresi, kecemasan, dan kesedihan adalah emosi yang sangat umum dalam situasi seperti ini.

Menurut sebuah studi baru-baru ini, Anda mungkin perlu sangat waspada terhadap dampak psikologis yang mungkin ditimbulkan oleh penyakit ini jika Anda sudah hidup dengan kecemasan, depresi, atau kondisi kesehatan mental lainnya. Namun, berada di rumah menjadi solusi terbaik bagi lansia di era pandemi ini.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Untuk itu, berikut beberapa tips untuk menjaga fisik dan mental tetap sehat selama di rumah bagi lansia, dikutip dari laman Healthline.

Ambil jeda dari berita buruk

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Aliran berita negatif atau menakutkan yang terus-menerus dapat membuat Anda semakin terpuruk. Cobalah untuk membatasi asupan berita Anda untuk membantu Anda tetap dalam suasana yang lebih seimbang.

Ilustrasi lansia.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Buat rutinitas

Berpegang teguh pada rutinitas yang teratur dapat membentuk perasaan normal, yang dapat menghibur dalam waktu yang jelas-jelas tidak normal. Anda mungkin mendapati bahwa menjadwalkan bahkan hanya beberapa aktivitas pada waktu yang ditentukan dapat membantu menangkal beberapa depresi.

Gunakan aplikasi untuk terhubung dengan orang lain

Teknologi modern telah memberi kita pilihan seperti FaceTime, Skype, WhatsApp, dan Zoom untuk terhubung dengan orang lain secara real time. Berbicara dengan teman, anggota keluarga, atau tetangga dapat membantu Anda merasa sedikit kurang kesepian. Anda bahkan mungkin ingin menjadwalkan panggilan reguler untuk check-in.

Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik Anda. Ini juga merupakan pengangkat suasana hati yang terbukti. Ini dapat membantu Anda rileks dan mengurangi kecemasan. Berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda, cobalah beberapa latihan di rumah, atau lihat video YouTube yang akan memandu Anda melalui beberapa pose yoga atau gerakan menari. 

Cegah cedera

Cedera di rumah sangat rentan terjadi pada lansia, khususnya ketika menggunakan tangga. Untuk itu, PT Pardi Solusi Abadi, sebagai penyedia Home Lift bertaraf internasional, meluncurkan Kampanye Home Lift Hemat Listrik dengan menyediakan inovasi Home Lift Hemat Listrik yang memiliki jaminan kualitas, hemat biaya, mudah dirawat, dan human safety guarantee serta variasi produk yang kompatibel dengan kondisi bangunan. 

“Dalam rangka Hari Listrik Nasional, Pardi Solusi meluncurkan Kampanye Home Lift Hemat Listrik, sebagai bagian dari solusi bagi pelaku usaha dan kastamer Pardi Solusi agar memiliki akses mobilitas yang worry free dan hemat biaya sehingga hidupnya lebih berkualitas," ujar Chief Operating Officer PT. Pardi Solusi Abadi, Joni Tse.

Ciptakan sesuatu

Ingat hobi lama yang Anda tinggalkan beberapa tahun lalu? Mungkin sudah waktunya untuk mengeluarkan kaca patri, mesin jahit, atau kuas cat dan mengenalkannya kembali. Anda tidak harus menjadi seniman, tukang kebun, penjahit, atau koki yang ulung untuk membuat sesuatu dengan tangan Anda. Ini lebih tentang proses daripada hasil akhir.

Merenung

Benar-benar tidak ada satu cara pasti untuk bermeditasi. Pilih saja apa pun yang membantu Anda rileks dan merasa lebih terpusat. Atau cukup berlatih beberapa latihan pernapasan dalam saat Anda merasa cemas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya