Zaidul Akbar Ungkap 6 Nutrisi Bermanfaat untuk Hati

dr Zaidul Akbar
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Pendakwah Islam yang juga dokter penggagas Jurus Sehat Rasulullah, dr Zaidul Akbar tak henti-hentinya menyebarkan informasi seputar kesehatan. Kali ini, Zaidul mengungkapkan nutrisi bermanfaat untuk hati

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Lewat akun Instagram miliknya, ia menulis, ada 6 nutrisi hati yang disebutkan oleh Imam Ibnu Qoyyim al jauziyah. Apa sajakah itu? 

Zaidul membeberkan nutrisi yang pertama, bukan hanya sekadar makanan, tapi juga kedekatan dengan Tuhan.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Nutrisi yang pertama ia sebutkan adalah berzikir kepada Allah, kedua membaca Alquran, ketiga beristighfar, keempat berdoa, kelima membaca salawat kepada Rasulullah dan keenam salat malam. 

"Mengapa hati mukmin sejatinya lebih penting dari raganya? Salah seorang shalih pernah berkata 'sungguh aneh jika ada orang yang menangisi seseorang yang jasadnya mati, akan tetap ia tidak menangisi orang yang hatinya mati, padahal yang kedua itu sebenarnya lebih parah," tulisnya di akun Instagram.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Ia juga menjelaskan bahwa penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada penyakit fisik. Hati yang sakit kata Zaidul takkan mampu merasakan nikmatnya iman dan ibadah

"Hati yang bermasalah akan membuat hidup menjadi bermasalah juga. Hati yang penuh racun akan menyebarkan racun ke orang lain pula melalui lisan dan sikapnya."

Tak cuma itu, Zaidul juga menjelaskan, hati yang sakit akan membuat hidup penuh penderitaan sehingga semua dijadikan ajang mengeluh dan keluhan.

"Hati yang sakit akan membuat tak mampu merasakan indahnya akhirat dan nikmatnya kebaikan yang diperintahkan Allah. Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian. (HR. Muslim no. 2564)," tulisnya menambahkan hadist.

Dia pun mengungkapkan, sebagaimana jasad bisa sakit dan mengalami keluhan sebelum sakit maka hatipun sama, sebelum hati itu sakit , ia akan menunjukkan keluhan dan tanda bahwa ia sakit.

"Salah satu tanda hati yang sakit adalah kemampuannya melihat kesalahan orang lain jauh lebih kuat daripada kemampuan melihat kesalahannya sendiri. Dan banyak lagi tanda yang lainnya. Semoga Allah jaga kita dari hati yang sakit dan bermasalah. #ZaidulAkbar." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya