6 Tanda Sederhana untuk Mengetahui Seseorang Mengalami Stroke Otak

ilustrasi stroke
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Raman Kumar (nama diganti) sedang duduk di depan bosnya saat rapat tim di kantor. Mereka adalah bagian dari departemen pemasaran Perusahaan Multinasional. Semuanya berjalan seperti biasa, ketika bos Raman berhenti berbicara. Dia terlihat sangat normal, tapi dia menatap Raman dengan ekspresi bingung. Saat itulah Raman menyadari bahwa rahang bosnya tampak sedikit bengkok ke satu sisi.

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Sementara rekan kantor lainnya langsung membantu dengan membaringkan pasien ke lantai, beberapa membawa air untuk memercik ke wajahnya, yang lain menggosok kakinya dan yang lain memasukkan gula ke dalam mulutnya, Raman mengerti apa yang terjadi. 

Dia berlari ke mobilnya, menyuruh bosnya pindah ke dalam dan membawanya ke rumah sakit. 4 jam kemudian, Bos meminta anggota keluarganya untuk memanggil Raman ke Neuro ICU. Ketika Raman tiba, bosnya memegang tangannya dan berkata dengan sangat jelas, 'Terima kasih telah menyelamatkan hidupku'.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Semakin banyak waktu yang terbuang antara awal stroke dan pengobatan atau pembedahan yang diperlukan untuk menghentikan stroke, semakin banyak jumlah materi otak yang masuk ke dalam cengkeraman stroke dan hilang. Karena itulah Raman yang pernah melihat ayahnya menderita stroke telah mempelajari enam Tanda untuk mengenali kapan stroke terjadi, dikutip dari Times of India.

Keseimbangan

Terawangan Paranormal Dayak Soal Kematian Stevie Agnecya: Memang Benar Ada Kiriman Santet

Seseorang yang mengalami stroke sering kali memulai dengan mengeluhkan masalah-masalah yang tidak jelas seperti kehilangan keseimbangan atau pusing atau kepala yang berat. Mereka cenderung berpegangan pada sesuatu atau duduk.

Masalah mata

Orang tersebut mungkin mengeluh bahwa penglihatannya menjadi kabur. Pada titik ini mereka mungkin menyalahkan sesuatu seperti berjalan di bawah sinar matahari terlalu banyak atau tidak memiliki cukup air di siang hari. Inilah saatnya Anda harus mulai mengamati mereka dengan cermat.

Wajah terkulai

Orang yang menderita stroke akan terlihat seperti setengah wajah (terutama bagian bawah dari satu sisi wajah) terkulai atau kendur. Ketika mereka berbicara, itu akan terlihat seperti satu sisi wajah tidak berekspresi. Umumnya petugas mengatakan bahwa mereka melihat wajah memutar. Apa yang terjadi adalah satu sisi tidak membuat ekspresi apa pun, sehingga sisi lain tampak seperti bergerak lebih dari biasanya, menyebabkan ekspresi seperti memutar.

Kelemahan lengan

Kelemahan lengan tidak sejelas kelihatannya. Seseorang yang terkena stroke tidak akan tahu karena kelemahannya menjalar sampai benda jatuh dari tangan. Sebagian besar waktu, pasien jatuh dari kursi ke arah sisi yang terpengaruh. Hal ini dikarenakan otot-otot batang tubuh juga lumpuh dan tidak mampu menahan beban tubuh.

Ilustrasi otak.

Photo :
  • U-Report

Masalah bicara

Seseorang yang menderita stroke (khususnya jika stroke dari sisi kiri otak) akan menunjukkan masalah dengan bicara. Seringkali, ini adalah hal pertama yang diperhatikan jika pasien berbicara dengan seseorang di depannya. Pasien mungkin menjadi diam, kosong, bingung. Mungkin terus mengulangi satu kata, atau bicaranya menjadi tidak jelas atau bahkan tidak relevan.

T- Ini bukan pertanda. 'T' telah ditempatkan untuk mengesankan pada pelajar, pentingnya waktu dalam pengobatan stroke. Itu sebabnya saya ingin mengulangi slogan yang paling saya sukai- 'TIME IS OTAK!'.

Stroke otak adalah peristiwa yang mengubah hidup secara tiba-tiba dalam hidup seseorang. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa bukan hanya kehidupan pasien yang berubah, tetapi juga kehidupan perawat pasien.

Merawat pasien stroke di rumah adalah salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi setiap keluarga. Tetapi stroke otak jika terdeteksi dan dibawa ke fasilitas neuroscience yang mampu dan merespons dengan cepat tidak hanya dapat dikendalikan, tetapi juga dapat disembuhkan dalam banyak kasus..

"Stroke bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja dan pengetahuan Anda tentang tanda-tanda ini bisa menjadi pembeda antara hidup dan matinya orang di depan Anda. Harapan kami untuk semua orang di Hari Stroke Sedunia sederhana: CEPAT saja," kata Dr. Nishant Shanker Yagnick, Konsultan Senior – Bedah Saraf, Rumah Sakit Columbia Asia, Palam Vihar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya