Pandemi Bikin Banyak Pasien Enggan ke RS, Lebih Pilih Telemedicine

Ilustrasi dokter/rumah sakit.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Konsep layanan medis di rumah sendiri tidak dipungkiri menjadi jawaban dari perubahan cara hidup akibat disrupsi teknologi dan pandemi. Teknologi yang memunculkan telemedicine kian terakselerasi oleh hantaman pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat, termasuk mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Dengan teknologi online tersebut, masyarakat kian mudah mendapatkan layanan rumah sakit di rumah. Teknologi online menggabungkan kunjungan tenaga medis, perawatan secara virtual dan pemantauan jarak jauh dalam bentuk konsultansi online secara tatap muka (video call). Pasien dipastikan bisa mendapatkan perawatan di rumah dengan layanan yang menyeluruh. 

Pandemi COVID-19 secara permanen memang sudah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Hal ini tergambar dalam global consumer survey pada 2.700 responden yang dilakukan Accenture pada Mei 2020. Survei tersebut menemukan, 70 persen pasien menunda atau membatalkan pengobatan di rumah sakit dan mengadopsi layanan kesehatan secara virtual. Pasien juga memiliki pengalaman positif terhadap layanan kesehatan secara virtual dalam bentuk video call maupun pemantauan jarak jauh dan berniat  melanjutkannya  pascapandemi.   

Anak Masuk Rumah Sakit, Ayu Dewi Sedih dan Minta Bantu Doa

Sebagai salah satu aplikasi kesehatan terkemuka di Indonesia, aido health kian serius mewujudkan layanan rumah sakit di rumah. Hal ini sudah diwujudkan dengan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan yang terintegrasi dalam aplikasi. Sistem pembayaran pun makin beragam, mulai dari e-wallet (OVO, Dana, ShopeePay dan GoPay), transfer bank, virtual account, asuransi, juga kartu kredit.

Sebagai jembatan antara rumah sakit dan masyarakat, aido health juga terus memperluas mitra rumah sakit, klinik, laboratorium dan farmasi yang berada di dalam rumah sakit mitra. Setelah bermitra dengan lebih dari 50 faskes di 50 kota, kini aido health juga bermitra dengan jaringan Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia.

Sadis! Paman Tikam Keponakan Usia 10 Tahun Pakai Badik hingga Tewas

Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia hadir di tiga kota, yaitu Jakarta, Medan dan Semarang. Rumah sakit ini menawarkan layanan medis yang optimal dan terjangkau serta struktur tarif yang transparan. Dengan fasilitas modern serta dokter dan perawat yang terlatih,  bahkan terletak di perumahan, membuat layanan kesehatan swasta yang berkualitas ini bisa lebih mudah diakses dan efisien bagi pasien. Columbia Asia Indonesia juga menyediakan teknologi medis baru yang bisa mengurangi tingkat perawatan invasif dan mengurangi lama rawat inap pasien di rumah sakit. 

CEO RS Columbia Asia Indonesia Naveen Mantha mengatakan, kerjasama RS Columbia Asia Indonesia dan aido health merupakan upaya agar masyarakat memeroleh akses yang kian luas pada tenaga medis profesional di bidangnya. Tenaga medis itu dokter spesialis dan subspesialis, di Rumah Sakit Columbia Asia. “Kami ingin agar masyarakat mudah menjangkau kami di manapun berada” kata Naveen.

Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Identitas para korban kebakaran telah diketahui.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024