Bahaya Kanker Kulit, Ini Trik Tepat Pilih Sunscreen

Ilustrasi wanita pakai tabir surya.
Ilustrasi wanita pakai tabir surya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Matahari merupakan sumber vitamin D yang baik untuk kebutuhan tulang dan imunitas tubuh secara menyeluruh. Namun jangan salah, sinar ultraviolet dari matahari juga bisa menjadi salah satu sumber yang berbahaya untuk kulit jika terpapar terlalu lama.

Yayasan Kanker Kulit Amerika Serikat memperkirakan bahwa menggunakan tabir surya setiap hari dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimum 15 dapat mengurangi risiko pengembangan karsinoma sel skuamosa sekitar 40 persen dan melanoma hingga 50 persen.

The American Academy of Dermatologists menyatakan bahwa siapa pun bisa terkena kanker kulit, tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau warna kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tabir surya, mereka harus memastikan produk yang mereka pilih mencakup tiga hal penting. Apa saja? Berikut ulasannya.

Perlindungan spektrum luas

Wanita menggunakan tabir surya.

Wanita menggunakan tabir surya.

Photo :
  • U-Report

Ini berarti bahwa tabir surya melindungi dari sinar UVA dan UVB, yang keduanya dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Maka dari itu, kandungan di dalamnya harusnya tepat untuk melindungi dari dua jenis sinar ultraviolet itu. Biasanya, kedua kandungan itu bisa dilihat dari keterangan di bagian belakang produk.

SPF 30 atau lebih tinggi

The Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan memilih tabir surya dengan SPF minimal 15. Namun, menurut American Cancer Society (ACS), tabir surya dengan faktor SPF 15 saja menyaring sekitar 93 persen sinar UVB. SPF 30 menyaring 97 persen, sedangkan SPF 50 atau lebih menyaring 98-99 persen. Untuk alasan ini, ACS merekomendasikan memakai SPF minimal 30.

Tahan air

Untuk aktivitas air dan olahraga, tabir surya tahan air bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan memastikan tabir surya menentukan berapa lama produk tersebut tahan air, seseorang dapat yakin kapan harus mengajukan permohonan kembali.

Ketiga faktor itu terdapat dalam kolaborasi Dear Me Beauty dan KFC dari dua produk pertama yang dirilis merupakan produk hybrid perawatan kulit dan primer wajah yang dapat melindungi kulit agar tetap sehat walau terpapar sinar matahari dan menggunakan makeup sehari-hari, yaitu: Primer Sunstick dan Hydrating Primer Sheet Mask. 

 

Tentunya, kedua produk ini juga tetap  Primer Sunstick membawa kombinasi hybrid unik tabir surya dan primer yang dapat digunakan pada wajah dan tubuh, terasa ringan dan halus sembari tetap memberikan perlindungan tinggi dari pancaran UVA+UVB dengan SPF 50+ PA++++. Sementara itu, Hydrating Primer Sheet Mask adalah jawaban bagi mereka yang ingin mengembalikan kesegaran rona wajah. 

Kombinasi unik sheet mask dan primer ini siap memberikan kulit yang nampak terhidrasi dan bercahaya hanya dalam 15 menit saja. Produk ini mengusung nilai genderless, yang dapat dipakai oleh semua kalangan baik pria maupun wanita, dari remaja hingga dewasa. Kedepannya, kolaborasi ini akan membawa gebrakan dengan meluncurkan 9 produk secara berkala hingga tahun depan. 

“Kali ini, kami ingin mendobrak anggapan bahwa skincare hanyalah ranah kecantikan perempuan, dan kami sungguh bangga dapat untuk pertama kalinya bekerja sama dengan merek internasional legendaris yang memang jagonya ayam goreng. Semoga semangat mendobrak batas ini dapat dirasakan oleh para skincare enthusiast Indonesia dalam collectible item yang siap melindungi dan merawat kulit mereka agar tetap sehat dan indah,” tutur Nikita Wiradiputri, CEO dari Dear Me Beauty.