11 Tips Kulit Putih Secara Alami, Ucapkan Selamat Tinggal Kulit Kusam!

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA – Tips kulit putih merupakan dambaan untuk semua orang terutama kaum hawa. Untuk mendapatkan kulit putih, banyak orang yang berusaha memperolehnya dengan memakai produk kecantikan atau perawatan mahal di sebuah salon. Tapi, tindakan tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, produk-produk yang mengandung kimia dapat berdampak buruk untuk kulit, apalagi jika digunakan secara sembarangan.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Selain itu, kulit kusam merupakan salah satu masalah kerap dialami dan cukup sulit untuk ditangani. Faktor penyebab kulit kusam juga sangat beragam, tapi setiap tips untuk memutihkan kulit yang putih be,um tentu cocok untuk semua orang. Kemudian, gaya hidup, pola makan, kebiasaan sehari-hari juga akan memengaruhi kesehatan kulit. Nah, untuk lebih lengkapnya tentang tips kulit putih, simak ulasan berikut ini yang disadur dari India.com.

Lantas, Bagaimana Tips Kulit Putih?

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar Matahari.

Photo :
  • Pixabay
5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Bila kamu menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya, jangan membiarkan kulit terlalu lama terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena paparan sinar UV yang berasal dari matahari akan mengakibatkan kulit tampak kusam serta membuat rona kulit menjadi tampak tidak merata. Oleh sebab itu, selalu lindungi kulit kamu dengan memakai produk tabir surya atau sunscreen yang memiliki SPF 30 ketika akan keluar dari ruangan. Pakailah produk tersebut terutama pada bagian wajah dan lengan, karena dua bagian tersebut lebih sering terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Olahraga Secara Rutin

Inovasi daur ulang botol plastik menjadi pakaian olahraga

Photo :
  • ist

Berolahraga akan meningkatkan kemampuan jantung kamu untuk memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit. Nantinya kulit akan menerima oksigen yang cukup serta nutrisi sehingga akan tampak lebih sehat, cerah bersinar, dan lembap. Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan melaksanakan olahraga ringan. Olahraga terbaik untuk tips kulit putih adalah jogging, berjalan, berenang, atau bersepeda. Lakukan kegiatan tersebut setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Makan Buah Tinggi Vitamin C

vitamin c

Photo :
  • U-Report

Vitamin C akan berperan untuk meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk mengencasngkan kulit dan tampak lebih bercahaya. Salah satu penelitian membuktikan bahwa pemakaian produk skincare yang mengandung vitamin C selama 12 minggu akan menunda gejala penuaan diri. Ini juga terbukti bisa mengurangi keriput, meningkatkan produksi kolagen yang menyokong jaringan kulit, serta mencegah adanya kerusakan pada kulit. Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan cara mengonsumsi papaya, mangga, jeruk, dan juga jambu biji.

4. Rajin Membersihkan Diri

Ilustrasi mandi.

Photo :
  • Freepik

Tips kulit putih berikutnya adalah dengan rajin mandi atau membersihkan diri. Karena, ini merupakan cara utama untuk memperhatikan kebersihan tubuh. Dianjurkan untuk rajin membersihkan tubuh minimal 2 kali sehari, apalagi ketika selesai beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, kamu juga bisa memakai sabun mandi yang mempunyai manfaat untuk mencerahkan kulit tubuh.

5. Tidur yang Cukup

Tidur

Photo :
  • Times of India

Jika kamu mempunyai kualitas tidur yang cukup, maka tubuh akan mempunyai kesempatan lebih banyak untuk membentuk kolagen. Tidur yang cukup juga akan melancarkan aliran darah yang berada di bawah kulit, sehingga kulit akan memperoleh nutrisi. Oleh karena itu, pastikan tidur setidaknya 7 jam dalam sehari.

6. Minum yang Banyak

Ilustrasi minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Tips kulit putih lainnya adalah dengan mengonsumsi air yang banyak. Karena, air akan memelihara kelembapan kulit serta menjaga jaringan kolagen. Kedua hal tersebut mempunyai peranan penting dalam membuat kulit tampak lebih bercahaya, padat, lembut. Sumber cairan untuk kulit adalah air, buah-buahan, dan sayuran. Hindari minuman yang beralkohol karena alkohol mempunyai sifat menarik air. Selain itu, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga akan membuat kulit tampak kusam, kering, dan kasar.

7. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt.

Photo :
  • U-Report

Yoghurt mempunyai kandungan enzim yan memiliki potensi untuk mencerahkan kulit. Produk fermentasi susu ini juga memiliki kandungan asam laktat, yang tergolong ke dalam AHA atau asam hidroksi alfa guna membantu eksofilasi kulit. Fungsi tersebut juga akan membantu warna kulit menjadi tampak lebih cerah bercahaya.

8. Hindari Stres

Stres

Photo :
  • Times of India

Tips kulit putih berikutnya adalah dengan menghindari stres, karena stres yang tinggi juga akan menurunkan kesehatan kulit, bahkan akan membuat tampilan kulitnya menjadi semakin kusam. Oleh sebab itu, bila kamu menginginkan kulit yang lebih cerah bercahaya, coba untuk bisa meredam stres dengan baik. Caranya bisa dengan melakukan meditasi, curhat dengan orang yang sudah dipercaya, atau melaksanakan hobi yang positif.

9. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin

Vitamin B12

Photo :
  • Times of India

Kulit manusia membutuhkan banyak nutrisi dan antioksidan guna mempertahankan fungsi dan bentuknya, menangkal radikal bebas, serta untuk memproduksi oksigen. Vitamin B, vitamin C, dan vitamin E merupakan beberapa jenis vitamin yang sangat baik sebagai salah satu tips kulit putih. Kamu bisa memperoleh semua zat gizi tersebut dari beberapa makanan sehat mulai dari buah, kacang-kacangan, dan sayuran. Beberapa contoh makanan yang baik untuk menjaga kulit tetap putih adalah wortel, anggur, tomat, alpukat, kacang almon, dan lain sebagainya.

10. Hindari Merokok

Saatnya berhenti merokok

Photo :
  • Pixabay

Kebiasaan merokok bukan hanya bisa merusak organ tubuh manusia seperti jantung dan paru-paru. Lebih jauh dari itu, kebiasaan tidak baik tersebut juga akan memengaruhi kesehatan kulit. Untuk orang yang mempunyai kebiasaan merokok, kondisi kulitnya akan lebih kering, kusam, tampak tidak sehat seperti biasanya.

11. Memakai Alove Vera

aloe vera juice

Photo :
  • www.timesofindia.indiatimes.com

Alove vera atau lidah buaya merupakan bahan alami untuk tips kulit putih. Kandungan aloe vera mampu untuk menjaga kelembapan kulit serta membantu proses penyembuhan dan juga pertumbuhan sel di dalam tubuh. pemakaian aloe vera secara rutin akan membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah merona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya