Waspada, 6 Gejala di Mata Ini Bisa Mengindikasikan Diabetes

Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Diabetes merupakan kondisi yang semakin umum di seluruh dunia dan dapat menjadi penyebab banyak masalah kesehatan lainnya. Seringkali kondisi tersebut, dapat menjadi penyebab masalah mata.

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa berusia 20-74 tahun. Penyakit ini adalah kondisi seumur hidup yang berdampak pada kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi.

Orang dengan diabetes harus melakukan kunjungan rutin ke dokter mata, karena gula darah tinggi, sering dapat menyebabkan masalah mata, seperti penglihatan kabur dan katarak. Berikut 6 gejala di mata yang bisa mengindikasikan diabetes, dilansir dari laman Express, Senin, 1 November 2021.
 
1. Penglihatan kabur

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Freepik/javi_indy

penglihatan kabur bisa menjadi pertanda diabetes. Biasanya ini terjadi karena cairan mungkin bocor ke lensa mata, yang kemudian menyebabkan lensa membengkak dan berubah bentuk. Hal ini membuat mata lebih sulit untuk fokus, karena itu penglihatan menjadi kabur.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

2. Retinopati diabetik

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken

Ini merupakan komplikasi diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi yang merusak bagian belakang mata (retina). Kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan jika tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Gejala retinopati diabetik termasuk penglihatan kabur, eye floaters, kesulitan melihat di malam hari, kehilangan penglihatan, penglihatan terdistorsi atau perubahan warna dalam penglihatan.

3. Katarak

Ilustrasi penderita katarak.

Photo :
  • U-Report

Orang dengan diabetes cenderung mengembangkan katarak pada usia yang lebih muda. Lensa internal alami di mata, memungkinkan kita melihat dan fokus pada benda-benda seperti kamera. Ketika lensa keruh seperti jendela yang kotor atau tercoreng, ini berarti katarak telah terbentuk.

Gejala katarak lainnya termasuk, melihat warna menjadi pudar, penglihatan kabur, penglihatan ganda (biasanya hanya pada satu mata), kepekaan terhadap cahaya, silau atau lingkaran cahaya di sekitar lampu atau penglihatan yang tidak membaik dengan kacamata baru.

4. Hiperglikemia

ilustrasi mata

Photo :
  • U-Report

Hiperglikemia adalah suatu kondisi yang terjadi dari penumpukan glukosa dalam darah ketika tubuh kekurangan insulin untuk memprosesnya.
Gejala kondisi ini antara lain, penglihatan kabur, sakit kepala, kelelahan atau peningkatan rasa haus dan buang air kecil.

5. Glaukoma

Penyakit Glaukoma

Photo :
  • vstory

Ini adalah kondisi mata serius yang terlihat ketika tekanan menumpuk di dalam mata dan cairan tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya. Penumpukan tekanan ini dapat merusak saraf dan pembuluh darah serta menyebabkan perubahan penglihatan.

Jika kamu menderita diabetes, risiko glaukoma menjadi dua kali lipat dari orang dewasa lainnya, demikian menurut National Eye Institute. Beberapa gejalanya antara lain, hilangnya penglihatan tepi atau penglihatan terowongan, lingkaran cahaya di sekitar cahaya, kemerahan pada mata, nyeri mata, mual atau muntah.

6. Edema makula

Ilustrasi mata.

Photo :
  • U-Report

Edema makula adalah penumpukan cairan di pusat retina, yang dikenal sebagai makula. Bagian mata ini bertanggung jawab untuk memberikan penglihatan dengan fokus sentral yang tajam.

Kondisi tersebut terjadi saat makula membengkak akibat kebocoran cairan. Gejalanya mencakup penglihatan bergelombang dan perubahan warna pada mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya