Diabetes Jalan Pintas Penyakit Jantung dan Ginjal

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes menjadi salah satu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya gula darah. Penyakit satu ini prevalensinya kian meningkat seiring berubahnya gaya hidup kekinian yang dijalani oleh masyarakat urban.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan RI, dr. Elvieda Sariwati, M.Epid, mengungkapkan bahwa data Riskesdas 2018 menunjukkan, tingkat obesitas pada orang dewasa meningkat menjadi 21,8 persen dan prevalensi berat badan berlebih juga meningkat dari 11,5 persen di 2013 ke 13,6 persen di 2018. Perubahan gaya hidup, termasuk saat pandemi, disinyalir menjadi salah satu pemicu yang saling terkait.

"Perubahan gaya hidup selama pandemi seperti konsumsi gula berlebih dan berkurangnya aktivitas fisik berpotensi meningkatkan risiko obesitas. Kita ketahui bersama bahwa obesitas memiliki risiko prediabetes dan diabetes di mana hampir 90 persen orang dengan diabetes tipe 2 ternyata mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas," ujarnya di acara virtual Hari Kesehatan Nasional sekaligus Hari Diabetes Sedunia 2021 bersama Nutrifood, Kamis 4 November 2021.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Obesitas

Photo :
  • U-Report

Terlebih, prevalensi diabetes di tingkat nasional menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tercatat bahwa dari 6,9 persen pada 2013, menjadi 8,5 persen pada 2018 dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Seperti yang kita ketahui, diabetes dapat menjadi jalan pintas penyakit-penyakit tidak menular lainnya seperti gangguan penglihatan, penyakit jantung, gagal ginjal, dan gangguan syaraf. Dari 10-15 tahun sejak awal terdiagnosa, prevalensi semua komplikasi ini akan meningkat tajam. Tak hanya itu, diabetes juga menjadi salah satu faktor komorbid yang berkaitan dengan peningkatkan tingkat keparahan COVID-19," imbuhmya.

Untuk itu, Nutrifood bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengedukasi masyarakat Indonesia melalui Festival Komunitas ‘Beat Obesity’ 2021. Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih sehat, khususnya di masa pandemi ini, dengan membatasi asupan gula dan memahami sumber pemanis yang lebih baik agar terhindar dari risiko obesitas dan diabetes.

"Pencegahan sedini mungkin adalah solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes. Terapkan perilaku hidup sehat dengan menjalani GERMAS dan CERDIK. 

Selain itu, Elvieda mengingatkan agar bisa kuatkan komitmen dalam menjaga pola makan yang bergizi dan perhatikan asupan gula sehari-hari. Tak lupa, rutin beraktivitas fisik, dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal.

“Kuatkan komitmen untuk menjaga pola makan sehat dan perhatikan asupan gula sehari-hari, rutin beraktivitas fisik, lakukan deteksi dini/skrining berkala dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal,” tutup dokter Elvieda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya