Stres Akibat Kabar Buruk saat Pandemi, Ini 5 Trik Pencegahannya

Ilustrasi wanita/marah/stres.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA – Stres bisa datang darimana saja termasuk ketika ada kabar buruk seperti kecelakaan maut yang menimpa artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah. Meskipun beragam masalah yang hadir di sekitar tak dapat dikendalikan, namun kita bisa mengontrol cara menghadapinya sehingga mampu meminimalisir stres.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Ketika stres menjadi masalah besar, atau kronis, itu bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk memiliki pereda stres yang efektif yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Jadi, penting untuk memiliki berbagai alat pereda stres yang Anda inginkan. Kemudian, Anda akan dapat memilih strategi yang paling sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Apa saja rekomendasi 'alat' pereda stres? Berikut rangkumannya dikutip dari laman Very Well Mind.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Meditasi

Meditasi dapat menjadi penghilang stres jangka pendek serta manfaat manajemen stres yang bertahan lama. Ada banyak bentuk meditasi yang berbeda untuk dicoba, masing-masing unik dan memiliki daya tariknya sendiri

DPR Beri Respons Positif soal Kinerja Menteri BUMN yang Mampu Capai Target

Anda mungkin mengembangkan kekuatan di kata-kata seperti mantra, yang diulangi dalam pikiran saat Anda menarik napas dalam-dalam. Atau, Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk melatih perhatian penuh, agar sadar dan fokus di hari ini. Cukup perhatikan apa yang Anda lihat, dengar, cicipi, sentuh, dan cium.

Berlatih Relaksasi Otot Progresif

Relaksasi otot progresif melibatkan relaksasi semua otot di tubuh Anda. Untuk berlatih, Anda bisa mulai dengan beberapa napas dalam-dalam. Kemudian, berlatih mengencangkan dan merilekskan setiap kelompok otot, mulai dari dahi dan turun ke jari kaki.

Dengan latihan, Anda akan belajar mengenali ketegangan dan kekencangan pada otot Anda dan Anda akan lebih mudah rileks. Namun, setiap kali Anda berlatih, Anda harus mengalami perasaan relaksasi yang menyapu seluruh tubuh Anda.

Fokus pada Pernapasan

Hanya berfokus pada napas Anda atau mengubah cara Anda bernapas dapat membuat perbedaan besar pada tingkat stres Anda secara keseluruhan. Teknik pernapasan dapat menenangkan tubuh dan otak hanya dalam beberapa menit

Kabar baiknya adalah tidak ada seorang pun di sekitar Anda yang tahu bahwa Anda melakukannya. Jadi, apakah Anda sedang dalam rapat yang penuh tekanan atau sedang duduk di teater yang ramai, latihan pernapasan bisa menjadi kunci untuk mengurangi stres Anda.

Beberapa latihan sederhana meliputi:

-Tarik napas melalui hidung dan perhatikan perut Anda terisi udara. Hitung perlahan sampai tiga saat Anda menarik napas. Tahan selama satu detik dan kemudian perlahan-lahan hembuskan napas melalui hidung saat Anda menghitung sampai tiga lagi. 

-Tarik napas melalui hidung dan bayangkan Anda menghirup udara yang damai dan tenang. Bayangkan bahwa udara menyebar ke seluruh tubuh Anda. Saat Anda mengeluarkan napas, bayangkan Anda sedang mengeluarkan stres dan ketegangan.

Buat Karya Seni

Menghubungi sisi kreatif Anda mungkin mudah bagi Anda selama masa kanak-kanak, tetapi jika Anda kehilangan kontak dengan kegemaran Anda akan karya seni, belum terlambat untuk mengambilnya lagi.

Jika Anda tidak suka menggambar atau melukis, pertimbangkan untuk mewarnai di buku mewarnai. Buku mewarnai dewasa telah meningkat popularitasnya dan untuk alasan yang bagus—mewarnai bisa menjadi pereda stres yang hebat

Kembangkan Kebiasaan Membicarakan Diri Sendiri yang Positif

Cara Anda berbicara dengan diri sendiri itu penting. Kritik diri yang keras, keraguan diri, dan prediksi bencana tidak membantu. Jika Anda terus-menerus memikirkan hal-hal seperti, "Saya tidak punya waktu untuk ini", dan "Saya tidak tahan dengan ini", Anda akan membuat diri Anda stres.

Bicara soal hal positif, Floridina mengusung kampanye "fun is a state of mind" melalui rangkaian episode yang bertajuk #KamisFunwithFloridina. Kegiatan ini bertujuan menyebarkan keseruan (fun) dan semangat selalu berpikir positif dan produktif dalam menjalani kesehariannya di kalangan anak muda.

"Fun merupakan faktor penting dalam menjalani kehidupan, terutama dampaknya yang dapat memicu kreativitas dan sikap positif, khususnya bagi kalangan muda. Hal ini pun sepatutnya dapat dirasakan di setiap kegiatan sehari-hari," ujar Brand Manager RTD Beverages Wings Food, Firman Dwi Rachmawan

Beragam acara pun dikemas dan disuguhkan melalui rangkaian acara #KamisFunwithFloridina yang ditayangkan secara langsung setiap hari Kamis melalui akun Instagram @floridinaid. Setiap episode akan dibagi menjadi dua segmen, yaitu Music Talk with Floridina dan serta Fun Station with Floridina.

"Oleh karena itu, Floridina berinisiatif untuk meluncurkan kampanye terbarunya ini melalui rangkaian hal menarik yang diminati oleh anak muda, seperti musik, gaya hidup dan komedi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya