Terbukti Ampuh, Ini 8 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

kutu rambut
Sumber :
  • pixabay/ olivierlevoux

VIVA – Cara menghilangkan kutu rambut tentunya harus dipahami oleh semua orang supaya kutu tidak semakin banyak bersarang di kepala. Selain itu, mempunyai kutu di rambut kepala akan sangat mengganggu dan bila terus dibiarkan akan timbul sensasi gatal sampai infeksi. Penyebab utama dari munculnya kutu di dalam rambut adalah kurangnya dalam hal menjaga kebersihan, mulai dari menyisir, sprei, handuk, baju, dan karpet.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Kutu yang hinggap di dalam rambut atau kulit kepala akan terus bertahan di dalam kepala karena menghisap darah supaya bisa berkembang biak. Guna memutuskan proses berkembangbiak kutu, maka kamu harus melakukan berbagai cara menghilangkan kutu rambut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut yang sangat ampuh.

Lantas, Apa Saja Cara Menghilangkan Kutu Rambut?

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

1. Sisir rambut menggunakan sisir kutu

Menyisir rambut.

Photo :
  • U-Report
Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Cara menghilangkan kutu rambut pertama adalah menyisir seluruh rambut kamu dengan sisir kutu, melalui setiap bagian dengan hati-hati untuk memastikan bahwa setiap bagian rambut kamu disisir dengan benar. Alih-alih menggunakan sisir bergigi halus, kamu juga bisa menggunakan sisir kutu listrik pada rambut kering, yang bahkan lebih efisien dalam mendeteksi dan menghilangkan kutu. Sisir ini mengeluarkan suara terus menerus saat dihidupkan dan suara yang lebih intens dan bernada lebih tinggi saat mendeteksi kutu. Sisir listrik memancarkan frekuensi ultrasound yang tidak dirasakan oleh orang tersebut tetapi mematikan bagi kutu.

2. Cuci rambut dengan cuka Apel

Cuka apel.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan kutu rambut kedua adalah dengan mencuci rambut dengan campuran cuka dan air hangat. Cuka mengandung khasiat yang membunuh dan menyingkirkan telur kutu dan kutu. Campuran ini harus dioleskan langsung ke seluruh kulit kepala.

Campurkan secangkir cuka dengan secangkir air hangat. Selanjutnya, oleskan campuran ini pada kulit kepala dan tutupi rambut kamu dengan topi rambut, dan biarkan bekerja selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, cuci rambut kamu seperti biasa dengan sampo biasa.

3. Gunakan campuran minyak esensial

Minyak esensial

Photo :
  • pixabay/devanath

Cara menghilangkan kutu rambut berikutnya adalah dengan mengoleskan campuran minyak esensial langsung ke rambut kamu, kenakan tutup rambut dan biarkan campuran itu bekerja selama 20 menit. Setelah dibiarkan se selama 20 menit, bilas dengan sampo biasa.

4. Cuci pakaian kamu dengan air panas

Ilustri mencuci pakaian | istockfoto

Photo :
  • U-Report

Kutu dapat ditularkan melalui sikat, sisir, topi, sarung bantal atau sprei dan karenanya, sangat penting untuk sering mencuci benda-benda ini, untuk menghindari investasi baru atau bahkan menyebarkan parasit ke orang lain.

Oleh karena itu, semua benda yang pernah bersentuhan dengan rambut, seperti sprei, selimut, pakaian, mainan lunak, ikat rambut, topi dan semuanya perlu dicuci dengan air panas dengan air hangat. Suhu lebih dari 60 derajat untuk membunuh kutu.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun yang sudah terkenal sebagai bahan perawatan tubuh dan kecantikan. Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan kutu rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah dengan keramas terlebih dahulu dan keringkan menggunakan handuk. Setelah kering, oleskan minyak zaitun ke dalam kulit kepala sembari dipijat. Lalu, pakailah penutup kelapa dan diamkan sampai keesokan harinya. Setelah bangun tidur, bilas dengan menggunakan sampo.

6. Bawang Putih

Bawang putih untuk obat.

Photo :
  • vstory

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih yang mengandung capsaicin. Meski tidak sebanyak paprika, kandungannya bisa membunuh kutu dan mengusir telur kutu. Untuk memakai bahan ini, siapkanm 10 siung bawang putih dan haluskan. Setelah halus, campurkan dengan perasan air jeruk nipis kemudian oleskan pada bagian kepala. Tunggu beberapa saat, lalu bilas menggunakan sampo.

7. Alkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Alkohol pada konsentrasi 70% dapat digunakan untuk menghilangkan telur kutu rambut, dan senyawa isoprofile dalam alkohol dapat membasmi kutu rambut dan telurnya. Cara menggunakan alkohol adalah dengan menuangkan secukupnya ke dalam telapak tangan dan oleskan ke dalam kulit kepala secara merata. Diamkam selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Pakai sisir kutu untuk mengeluarkan kutu dari rambut.

8. Lemon

Lemon

Photo :
  • stardaily

Kandungan asam lemon cukup tinggi, dan kandungan asamnya kurang lebih hampir mirip dengan cuka asam. Oleh karena itu, jangan heran jika lemon sangat dianjurkan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Cara menggunakan lemom cukup mudah hanya dengan menyiapkan 2 buah lemon dan kemudian peras airnya. Campurkan dengan 100 ml air dan teteskan pada bagian kulit kepala. Tunggu sampai 40 menit dan kemudian keramas menggunakan sampo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya