Waspada, Benjolan Tanpa Nyeri Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara.
Kanker payudara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Benjolan yang ada di payudara dan teraba biasanya menjadi indikasi adanya kelenjar di area tersebut, seperti saluran ASI. Namun, saat benjolan itu mulai berubah bentuk dan tak terasa sakit, waspada timbulnya kanker payudara.

Benjolan yang teraba kerap disandingkan dengan tumor atau kanker, terutama di payudara. Kendati demikian, benjolan pada kanker sebenarnya begitu khas namun jarang dipahami oleh masyarakat luas sehingga kerap diabaikan.

"Benjolan di payudara ini sesuai kanker atau tidak. Waspada kalau benjolan tidak ada nyeri di payudara (bisa gejala kanker)," ujar dokter spesialis bedah, dr. M. Yadi Permana SpB(K) Onk, dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 8 November 2021.

Ilustrasi kanker payudara.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi kanker payudara.

Tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa benjolan kanker sudah seharusnya disertai nyeri sehingga membuat terlambat mendeteksi. Selain tak ada rasa nyeri, benjolan kanker di payudara akan terasa keras dan memberi perubahan warna di kulit bagian atas benjolan.

"Ini juga disertai benjolan di ketiak yang artinya sudah ada penyebaran (sel kanker)," imbuhnya.

Selain tanda benjolan tadi, masyarakat juga harus membedakan bagaimana perkembangan atau pertumbuhan benjolan tersebut. Maka dari itu, masyarakat khususnya kaum hawa dianjurkan segera melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis) secara rutin.