Olahraga Ini yang Disarankan untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes merupakan penyakit kronis serius dan belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan hingga saat ini. Prevalensi diabetes di tingkat nasional kian meningkat dari 6,9 persen pada 2013 menjadi 8,5 persen pada 2018. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan sedikitnya 463 juta orang pada usia 20-79 tahun di dunia menderita diabetes pada 2019. Angka diprediksi terus meningkat hingga mencapai 578 juta di tahun 2030 dan
700 juta di tahun 2045.

"Diabetes itu sebenarnya terjadi selain faktor geentik, ada faktor lifestyle, pertama ubah lifestyle, kruangin gula atau karbo. Diabetes memang gula darah tapi makanan sehari-hari nantinya akan dipecah jadi gula di dalam tubuh," kata Dr Kartika Yulianti saat ditemui di Stasiun Tanah Abang, Minggu, 14 November 2021.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Selain itu, ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam mengani diabetes. Pertama mengubah gaya hidup dengan mengontrol asupan makanan ke dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga perlu dilakukan.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

"Olahraga 3-4 kali seminggu, 30 menit, jenis olahraga terserah, tapi (disarankan) aerobik atau lari," ucapnya.

"Tujuan olahraga itu membantu masukan gula di dalam darah ke dalam sel, ketika olahraga yang lebih menggerakkan seluruh tubuh lebih membantu sensitifitas sel-sel di tubuh kita," katanya lagi.

Tes Gula Darah

Photo :
  • Ist

Selain itu, Kartika menyarankan untuk memeriksakan gula darah satu kali selama bulan. Di beberapa kasus, ada diabetes yang muncul tanpa gejala. terlebih dengan gaya hidup saat ini, usia 20 tahun juga memiliki risiko diabets.

Hal ini sejalan dengan kegiatan dalam rangka 100 tahun ditemukannya insulin dan Hari Diabetes Sedunia, Novo Nordisk Indonesia. Mereka menginisiasi rangkaian kegiatan untuk meningkatkan awareness mengenai diabetesdan mengedukasi masyarakat mengenai peran penting insulin bagi kualitas hidup penderita diabetes.

Suntik insulin merupakan salah satu pengobatan untuk mengontrol gula darah dan menghindari komplikasi, yang dibutuhkan sepanjang perjalanan hidup sebagian orang dengan diabetes untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya