Buah Berdaging Putih Ini Efektif Cegah Stroke

Ilustrasi stroke.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA – Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak tiba-tiba terhambat dan untuk mencegah itu terjadi, pasien secara rutin diberi resep obat. Namun rupanya, risiko stroke bisa dicegah dengan mengonsumsi buah tertentu. Benarkah?

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Dikutip dari laman Express, cukup satu jenis buah dapat melakukan efek perlindungan ini secara alami. Adalah pir, buah berdaging putih yang dapat menurunkan risiko stroke.

“Pir adalah sumber serat yang baik dan beberapa senyawa tanaman bermanfaat (fitokimia), termasuk katekin," ujar pakar Harvard Health.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Ilustrasi stroke.

Photo :
  • U-Report

Penelitian telah lama menyoroti banyak manfaat asupan buah setiap hari untuk kesehatan jantung. Buah-buahan dengan warna tertentu dipercaya dapat berpeluang besar menurunkan risiko stroke jika dikonsumsi secara teratur

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Buah-buahan dan sayuran berdaging putih, khususnya, dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena stroke karena antioksidannya yang unik. Buah pir juga telah terbukti memiliki efek penurun tekanan darah dan kolesterol LDL yang kuat, berkat serat alaminya, yang dikenal sebagai pektin.

"Juga ditemukan dalam apel dan kakao, katekin dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah," lanjut pakar itu.

Studi Buah Pir

Pada tahun 2011, sekelompok peneliti Belanda menyelidiki manfaat buah pir menyarankan buah dengan kandungan fitokimia tertinggi dapat melindungi otak terhadap stroke. Untuk studi mereka, para peneliti mempelajari kohort lebih dari 20.000 orang dewasa, dengan usia rata-rata 41 tahun. 

Tak satu pun dari subjek memiliki riwayat penyakit kardiovaskular pada awal penelitian. Para peneliti menganalisis dengan cermat konsumsi apel dan pir, yang keduanya tinggi serat makanan dan flavonoid yang disebut quercetin. 

“Untuk mencegah stroke, mungkin berguna untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran berwarna putih. Misalnya makan satu apel sehari adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran berwarna putih," ujar Pemimpin penulis studi tersebut, Linda M Oude Griep.

Buah pir.

Photo :
  • U-Report

Selama periode tindak lanjut 10 tahun, total 233 stroke didokumentasikan. Temuan mengungkapkan, kejadian stroke 52 persen lebih rendah pada mereka yang banyak mengonsumsi buah dan sayuran berwarna putih, dibandingkan dengan mereka yang asupannya rendah.

“Namun, kelompok warna buah dan sayuran lainnya dapat melindungi terhadap penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu tetap penting untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran," imbuhnya.

Tim menentukan bahwa risiko stroke diturunkan sebesar 9 persen dengan masing-masing 25 gram buah dan sayuran putih dikonsumsi per hari. Pengurangan risiko stroke ini lebih signifikan bagi wanita daripada pria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya