Sulit Berkemih Hingga Ejakulasi Darah Tanda Kanker Prostat

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kabar terkait sakitnya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono membuat publik meningkatkan kembali kewaspadaan akan kanker prostat pada pria. Terlebih, data Globoccan di Indonesia tahun 2020 menunjukkan bahwa kanker prostat menempati urutan ke-5 jenis kanker yang paling banyak di derita oleh pria.

Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus

Dokter spesialis Prof. dr. Chaidir Arif Muchtar SpU(K), PhD., mengatakan bahwa pada dasarnya kanker prostat di stadium awal memang sulit dideteksi lantaran minim gejala. Dianggap sebagai penyakit senyap, rupanya kanker prostat sebenarnya bisa dilihat saat terdapat tanda gangguan berkemih.

"Stadium awal seringkali tidak ada gejala jelas atau gejala minimal dalam bentuk gangguan berkemih," bebernya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Selasa 16 November 2021.

Kecanduan Onani Berdampak Pada Pikiran dan Gaya Bicara, Begini Kata dr Boyke

Dokter Chaidir menepis bahwa gangguan berkemih yang dimaksud adalah mengompol. Justru, saat terjadi masalah pada prostat, memicu saluran kemih tertutup sehingga sulit berkemih secara normal.

"Yang sering terjadi gejala obstruktif yang buat seseorang sulit berkemih dan keluhan lain. Mirip (gejalanya) seperti pembesaran prostat yang jinak," imbuhnya.

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Gejala itu biasanya timbul saat stadium satu dan dua. Pada stadium tiga, biasanya kanker sudah menyebar dan menunjukkan gejala lain yakni ejakulasi berdarah.

"Kalau stadium lanjut atau sudah ke kantong sperma, salah satu gejalanya ejakulasi campur darah. Kalau menyebar ke tulang, ada nyeri di tulang," imbuhnya.

Aura Jeixy Teman Chandrika Chika

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Masyarakat sedang ramai membicarakan penangkapan enam selebgram di sebuah hotel di Jakarta Selatan pada hari Senin, 22 April 2024, termasuk Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024