8 Tips Agar Awet Muda dan Langsing yang Tidak Banyak Diketahui

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Tips agar awet muda dan langsing banyak dicari oleh warganet, terutama kaum hawa. Karena, wajah yang awet muda dan tubuh yang langsing merupakan dambaan setiap orang. Tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perawatan kulit supaya terlihat awet muda. Padahal, untuk tampak awet muda dan langsing cukup mudah dilakukan dengan melakukan langkah-langkah sederhana tapi bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk tampilan atau kesehatan tubuh.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Selain itu, penuaan adalah sebuah proses alami yang akan dialami oleh semua orang. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan akan muncul. Tanda-tanda penuaan ini mulai dari garis halus, keriput, sampai bercak atau flek hitam dalam kulit. Walaupun demikian, terdapat berbagai tips agar awet muda dan langsing yang bisa dilakukan supaya terhindar dari proses penuaan dini sehingga kamu akan tampak lebih sehat dan awet muda. Simak ulasan berikut ini seperti disadur dari Pureluxemedical.

Lantas Bagaiaman Tips Agar Awet Muda dan Langsing?

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

1. Jauhi sinar matahari

Wanita terkena paparan sinar matahari.

Photo :
  • U-Report
Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Tips agar awet muda dan langsing pertama adalah menjauhi sinar matahari. Meskipun benar bahwa matahari bukan satu-satunya faktor dalam keseluruhan penampilan kamu, tapi itu cukup memainkan peran besar. Faktanya, kerusakan akibat sinar UV (sinar UVA dan UVB) bertanggung jawab atas sekitar 90% dari tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit wajah kamu. Sinar UV memecah elastin di kulit, sehingga mengakibatkan kulit tampak kendor dan kusam, keriput, bintik-bintik penuaan, warna kulit tidak merata, dan banyak lagi.

Selalu kenakan tabir surya berkualitas baik dengan peringkat SPF minimal 30, dan pastikan itu adalah tabir surya spektrum luas, yang berarti membantu memblokir sinar UVA dan UVB. Ingatlah bahwa sinar matahari akan keluar baik cerah atau tidak, jadi pastikan kamu memakai tabir surya setiap hari. Dan ingat untuk memakai kembali produk tabir surya setiap beberapa jam untuk perlindungan maksimal.

2. Perbanyak minum air putih

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Tips agar awet muda dan langsing lain untuk kulit tampak lebih muda adalah terhidrasi. Kamu harus menargetkan 8 gelas air dalam sehari untuk menjaga kulit kamu tampak bercahaya dan mendukung kesehatan yang optimal. Dehidrasi dapat dengan cepat menyebabkan kulit kamu terlihat kering, kusam, mempercepat kerutan, dan penuaan. Dengan mengonsumsi air yang cukup setiap hari, maka akan mengisi kembali jaringan dan sel kulit. Terhidrasi juga memungkinkan kulit tampak lebih awet muda dan lebih sehat.

3. Tidur Cukup

tidur dibulan ramadhan

Photo :
  • U-Report

Kunci lain untuk mempertahankan penampilan awet muda adalah dengan istirahat yang cukup. Saat kamu tidur, tubuh terus-menerus melepaskan hormon yang mendorong pergantian dan pembaruan sel. Gunakan waktu ini sebaik mungkin. Ini adalah saat kamu harus menggunakan zat aktif anti penuaan seperti retinoid dan asam beta hidroksi, yang keduanya merupakan pengelupas kulit yang kuat dan penghapus kerutan.

Selain itu, harus diingat bahwa ini akan meningkatkan kepekaan kamu terhadap sinar matahari, jadi waspadalah dengan produk tabir surya. Untuk melangkah lebih jauh, pertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal satin. Seiring berjalannya waktu, menggunakan kain sarung bantal yang lebih kasar, dapat menyebabkan kerusakan kolagen di kulit, sampai mengakibatkan kerutan.

4. Gunakan Pelembap

Ilustrasi gunakan pelembap.

Photo :
  • U-Report

Walaupun air berperan supaya kulit tetap terhidrasi dari dalam ke luar, kamu juga bisa membantunya dengan cara menggunakan pelembab yang tepat dan secara konsisten. Kulit yang terhidrasi tidak hanya terlihat lebih baik, tetapi juga lebih kuat dan lebih mampu melawan iritasi. Pelembab terdiri dari dua komponen untuk membantu kulit kamu terasa lembut dan kenyal.

Humektan, bermanfaat untuk menarik air dari udara ke kulit kamu, dan emolien, yang membantu memperkuat penghalang lipid kulit kamu serta menahan kelembapan. Krim dan pelembab tidak semuanya diciptakan sama. Oleh karena itu, pelembap adalah tips agar awet muda dan langsing.

5. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Buah dan sayur

Photo :
  • Times of India

Manfaat dari diet berat pada buah-buahan dan sayuran sangat banyak. Mereka memberikan nutrisi penting yang membantu mencegah penuaan, menjaga tubuh Anda tetap muda dan sehat, baik di dalam maupun di luar. Buah-buahan dan sayuran juga meningkatkan asupan fitonutrien, yang membantu tubuh kamu menangkal efek merusak dari radikal bebas yang ditemukan di lingkungan.

6. Berolahraga

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • U-Report

Tetap aktif sangat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat, tetapi tahukah kamu bahwa itu telah terbukti juga membantu kamu terlihat lebih muda. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga berat, terutama pelatihan interval intensitas tinggi, dapat memperlambat penuaan kamu pada tingkat sel hampir 10 tahun.

Tetapi, manfaatnya tidak berhenti di situ, olahraga juga meningkatkan aliran darah, menggerakkan oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh, yang mengarah ke penampilan yang lebih muda. Selanjutnya, olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kekuatan dan massa otot, yang juga menawarkan banyak manfaat kesehatan serta dapat menambah umur kamu selama bertahun-tahun.

7. Tetapkan Rutinitas yang Baik

Remaja dengan Pola Diet Sehat

Photo :
  • vstory

Meskipun ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk membantu membalikkan kerusakan pada kulit kamu, jauh lebih mudah untuk membantu mencegah kerusakan sebelum terjadi. Jadikan rutinitas perawatan kulit yang baik sebagai kebiasaan harian kamu.

Gunakan pembersih dan pengelupas kulit yang lembut. Pastikan juga kamu menggunakan perawatan dan serum yang tepat untuk jenis dan kebutuhan kulit kamu. Kemudian kamu juga harus menggunakan pelembab harian untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

8. Batasi Kafein

Kafein.

Photo :
  • U-Report

Tips agar awet muda dan langsing terakhir adalah dengan mengurangi kafein. Meskipun kita menyukai produk kopi atau teh yang baik, kafein dapat memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, tapi jika terlalu banyak dapat mendatangkan malapetaka pada kulit kamu. Kafein dapat membuat tubuh kamu dehidrasi dan merampasnya dari nutrisi penting. Yang lebih buruk lagi adalah beberapa dari efek ini bisa permanen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya