Ini Pesan Wamenkes Dante untuk Mencapai Indonesia Sehat

Ilustrasi dokter/rumah sakit.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan selama hampir 2 tahun memberikan kesadaran bahwa kesehatan adalah segalanya. Kesehatan juga menjadi syarat mutlak dari pembangunan manusia Indonesia di masa yang akan datang. 

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Karena itu, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, tiap kepala daerah harus membuat inovasi untuk bisa memberdayakan masyarakat dan semua pengambil keputusan dalam menjaga lingkungan serta kesehatan.

"Meski terkendala pandemi, bapak-ibu bisa melakukan koordinasi untuk bisa melaksanakan Kabupaten Kota Sehat. Saya memberikan apresiasi kepada bapak ibu yang hari ini berhasil meraih penghargaan," ujarnya dalam acara Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan 2021, yang digelar Kementerian Kesehatan dan Katadata, Rabu, 17 November 2021. 

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

"Salah satu bagian penting dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) adalah ketahanan kesehatan dan itu sudah bisa diraih oleh bapak-ibu yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat,” sambung dia. 

Dante Saksono Harbuwono

Photo :
  • Ist
Kolaborasi Kemenkes dan Bakrie Center Foundation Tingkatkan Wawasan Perihal TBC kepada Masyarakat

Dante menambahkan, tema kesehatan nasional tahun ini adalah Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku. Menurut Dante, untuk bisa mencapai Indonesia yang sehat bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

Karena itu, Dante berterima kasih kepada Bupati, Wali Kota dan Gubernur yang bisa memberdayakan masyarakat dengan program masing-masing untuk menjaga kesehatan dan juga lingkungan.

Bupati Banjar, Saidi, mengatakan, penghargaan KKS (Kabupaten Kota Sehat) yang diterima Kabupaten Banjar diharapkan bisa menjadi jalan untuk menurunkan angka stunting.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan Swasti Saba KKS yang diterima Kabupaten Banjar. Harapan kami dengan diterimanya penghargaan ini dapat memacu kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan di daerah kami,” ujar Saidi.

Bupati Tebo Sukandar menjelaskan, Pemkab Tebo membangun monumen Kabupaten Kota Sehat yang digunakan sebagai informasi kepada masyarakat dan juga pesan bahwa telah tumbuh rasa kesadaran dari masyarakat untuk perilaku hidup sehat dan juga menjaga lingkungan sekitar.

"Dengan adanya program KKS ini kami merasakan sinergitas yang luar biasa, kebersamaan dan juga pemberdayaan dari pemda, kecamatan, desa, kelurahan dan juga dengan stakeholder lain. Secara tidak langsung, penghargaan ini akan dimanfaatkan untuk mencapai indikator kesejahteraan dan lingkungan hidup di Tebo,” jelas Sukandar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya