6 Cara Jitu Hilangkan Bekas Luka Cacar Air, Bahan Alami hingga Obat

Ilustrasi cacar
Sumber :
  • Pexels/pixabay

VIVA – Cacar air merupakan penyakit yang menyebabkan ruam kulit yang membentuk lepuh kecil dan gatal ini disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Cacar air biasanya pertama kali muncul di dada, punggung, wajah dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

11 Warga Jakarta Barat Terpapar Cacar Monyet

Ruam melepuh gatal dari cacar air muncul 10-21 hari setelah terpapar virus dan biasanya berlangsung 5-10 hari. Tanda dan gejala lain yang mungkin muncul 1-2 hari sebelum ruam adalah demam, kehilangan selera makan, sakit kepala, kelelahan dan perasaan tidak sehat secara umum.

Umumnya, setiap orang akan mengalami cacar air setidaknya sekalii seumur hidupnya dan biasanya pada usia anak-anak. Penyakit ini sangat menular dan salah satu efek yang ditimbulkan penyakit ini adalah bekas luka yang bisa bertahan lama.

Awas! Anak di Bawah 8 Tahun Berisiko Kena Gejala Monkeypox Lebih Berat dari Orang Dewasa

Cacar Air

Photo :

Bekas luka ini bisa sangat mengganggu, apalagi jika muncul di bagian tubuh yang mudah terlihat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar air ini? Simak penjelasannya berikut.

Lebih dari 90 Persen Kasus Cacar Monyet Populasi Homoseksual dan Biseksual

Mengonsumsi vitamin E

Vitamin E telah lama dipercaya sebagai nutrisi terbaik dalam pengobatan bekas luka. Sumber vitamin E diperoleh dari berbagai bahan pangan antara lain biji-bijian, buah kiwi, alpukat, sereal, minyak biji bunga matahari, kerang dan ikan salmon.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya telah terbukti secara ilmiah dapat mengobati luka bakar serta menurunkan suhu kulit. Karenanya, tanaman ini bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air dengan cara mengaplikasikannya secara langsung ke area bekas luka.

Gambar lidah buaya.

Photo :
  • vstory

Cocoa butter

Cocoa butter atau lemak kakao merupakan lemak nabati yang berasal dari biji kakao. Teksturnya halus dan lembut, saat diaplikasikan ke kulit bisa melelah sehingga banyak digunakan sebagai bahan umum produk pelembap. Lemak kakao juga mengandung antioksidan dan dapat melembapkan kulit secara efektif.

Krim retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan produksi kolagen. Dalam sebuah penelitian untuk mengetahui efek gabungan retinol dan asam glikolat pada bekas jerawat, para peneliti mencatat bahwa lebih dari 90 persen peserta mengalami efek penyembuhan.

Apa lagi ya bahan yang bisa digunakan untuk hilangkan bekas luka cacar? Simak selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya